Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022 Membantu Membangun Karakter

Ngapain, sih, masukin anak ke TK mahal? Nggak make sense banget, deh.

Seperti itulah kira-kira komentar yang didapat orang tua, termasuk saya, ketika memercayakan anak-anaknya untuk menimba ilmu di sebuah taman kanak-kanak yang terbilang mahal di kota Garut ini.  Komentar demikian ada yang disampaikan langsung, ada pula yang berupa bisik-bisik di belakang.

Sebelum memasukkan si cikal ke sekolah tersebut, saya sudah menyadari akan adanya komentar-komentar sumbang perihal itu. Karena sepintas menyekolahkan anak di taman kanak-kanak yang bagus itu seperti membuang-buang uang.

Ada yang beranggapan untuk pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas sebaiknya mengambil yang negeri karena tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Selama itu kita menabung untuk biaya kuliah anak.

Well, saya tidak bisa menyalahkan opini tersebut. Semua kembali pada pertimbangan masing-masing orang tua. Beda orang tentunya beda isi kepala.

Akan tetapi, bagi saya pribadi sangat penting memilih sekolah berkualitas sejak usia dini karena saat itulah pembentukan karakter dimulai. Bukan berarti negeri tidak bagus, ya. Ada banyak sekali sekolah negeri yang bonafide. Namun, ada nilai-nilai yang ingin saya terapkan pada anak dan itu tidak didapat di sekolah negeri.

Related:

Fortune Indonesia: Media Bisnis Tepercaya yang Menjawab Tantangan Zaman

Meningkatkan Kualitas Parenting bersama POPAC 2021

Kampanye #kejuaslicheck: Edukasi dari Kraft agar Ibu Cermat dalam Memilih Keju

Kraft Crolette: Sajian simple bernutrisi dan menggugah selera yang menyelamatkan ibu dari mati gaya saat menyiapkan sahur

1. Sekolah Islami Menjadi Pilihan

Sekolah berkualitas membantu mengembangkan inner strength anak

Sebagai seorang muslim, saya berharap untuk memiliki anak-anak yang saleh. Perjalanan ke sana tentunya membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar.

It takes a village to raise a child.

Saya meyakini kebenaran kata-kata tersebut. Oleh karena itu, saya membutuhkan bantuan berbagai pihak untuk membesarkan anak dengan baik. Memilih sekolah yang berkualitas menjadi jalan untuk mendapatkan partner dalam membimbing anak.

Sekolah si cikal ini mengembangkan lima nilai dan karakter, yakni:

  • Rasa cinta dan kasih sayang
  • Kerja sama dan tolong menolong
  • Kerja keras dan kesungguhan
  • Jujur dan tanggung jawab
  • Kerendahan hati

Kelima nilai tersebut merupakan kekuatan baik dari dalam (inner strength) anak yang harus dikembangkan sedini mungkin, tentunya dengan porsi yang tepat. Pada praktiknya, saya melihat si cikal mengalami banyak perubahan setelah bersekolah di sana.

Yang jelas terlihat adalah kemandiriannya. Saat proses belajar mengajar berlangsung orang tua tidak diperkenankan menunggu, hanya antar jemput sehingga anak menjadi lebih berani.

Pembelajaran berlangsung dari pukul 07.30 sampai 12.30 sehingga ada jeda untuk makan siang. Jam makan ini bisa memupuk kesungguhan dan tanggung jawab karena anak belajar makan sendiri dengan baik.

Selain itu, ada jam salat sehingga anak tahu akan kewajiban dan tanggung jawabnya. Di rumah pun tetap dianjurkan untuk melaksanakan salat agar menjadi terbiasa.

Related:

Review IDN Live di IDN App: Mewujudkan Cita-cita Menjadi Seorang Content Creator bersama IDN Live Streamer Fund

Mensyukuri Nikmat Sehat Bersamaan dengan Oreo 110th Birthday Celebration

Kraft Quick Melt Menjadikan Quality Time Makin Bermakna

#SuamiIstriMasak Merekatkan yang Retak dengan yang Enak

2. Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

Selain support dari sekolah, ternyata biskuat pun turut andil dalam pengembangan inner strength anak. ​​​​Memiliki kekuatan baik dari dalam adalah hal yang penting bagi setiap anak dan membutuhkan dukungan penuh dari orang tua dengan cara mengenali minat dan bakat khusus yang dimiliki anak. Kekuatan ini bisa dikembangkan melalui pengembangan potensi anak dalam bidang olahraga, contohnya olahraga sepak bola.

Apakah kekuatan dari dalam itu?

Kekuatan mental yang tercerminkan oleh kekuatan karakter yang ada pada setiap anak. Seperti pemberani, baik hati, tangguh, dan percaya diri.

2.1 Mengembangkan Karakter Melalui Sepak bola

Biskuat sebagai penyelenggara Biskuat Academy 2022

Saya mempunyai tiga adik laki-laki. Seperti kebanyakan pemuda lainnya, mereka menggemari sepak bola sejak kecil. Saat agustusan, lomba sepak bola selalu menjadi pilihan.

Berbicara sepak bola berarti tidak hanya menyangkut fisik dan stamina. Melainkan juga berhubungan dengan kekuatan dari dalam. Seseorang yang mempunyai skill yang bagus belum tentu bisa menjadi pemain yang baik karena mental juga berperan di sini.

Melalui sepak bola, anak-anak belajar untuk berkompetisi secara sehat. Mereka belajar menerima kekalahan dan kemenangan. Sebuah pertandingan mengajarkan bertenggang rasa saat menang dan berbesar hati saat kalah.

Selain itu, sepak bola juga dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik dari dalam lainnya, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh, saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri. Oleh karena itu, untuk menjadi pemain bola handal, generasi muda harus mempunyai skill mumpuni serta karakter kuat dan positif.

Related:

Compact Size Big Possibilities, Momblogger Tetap Produktif Menulis Bersama ASUS Zenfone 9

IDN App Menjadikan Aplikasi Baca Berita dan Social Media Bersenyawa

Pustaka Anak Bangsa, Wahana Eko Cahyono dalam Membawa Pelita Bagi si Buta Aksara

2.2 Biskuat Academy 2022

Biskuat kembali menyelenggarakan Biskuat Academy 2022 dalam format sekolah bola online. Andhika J. Lestari selaku Senior Brand Manager Biskuat menjelaskan bahwa tahun ini kegiatan tersebut kembali hadir di tahun keempat pelaksanaannya.

“Biskuat Academy konsisten hadir untuk mengembangkan skill yang dibutuhkan generasi muda agar dapat menjadi pemain sepak bola handal dengan senantiasa mendukung ‘kekuatan baik dari dalam (inner strength)’ anak, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh.

Melalui olahraga sepak bola, Biskuat percaya bahwa anak dapat mengembangkan berbagai karakter kuat dan positif saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri,” jelas Andhika J. Lestari.

Biskuat Academy 2022 pun kembali mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai wujud nyata komitmen Biskuat untuk terus menggali potensi sepak bola anak Indonesia.

Selain dari pemerintah, Biskuat juga mendapat apresiasi dari selebritas/momfluencer, Zaskia Adya Mecca. Dia mendukung penuh anaknya untuk menekuni sepak bola dan ikut andil dalam Biskuat Academy 2022. Dia yakin bahwa event ini merupakan salah satu kesempatan terbaik untuk pengembangan karakter sekaligus menggali potensi anak.

2.2.1 Rangkaian Acara

Rangkaian acara Biskuat Academy 2022

Saat ini Biskuat Academy 2022 masih hadir dalam format Sekolah Bola Online karena memahami situasi pandemi yang belum usai. Sekolah ini hadir dengan jumlah kelas yang lebih banyak dari tahun sebelumnya dan bertujuan agar dapat memberikan kemudahan akses untuk menjangkau lebih banyak anak di seluruh Indonesia.

Terdapat tujuh kelas yang dilaksanakan mulai 25 September dan 9 Oktober 2022; 23 Oktober dan 9 November 2022; 20 November dan 11 Desember 2022; dan kelas terakhir yaitu pada tanggal 18 Desember 2022. Grand Final Sekolah Bola Online akan diselenggarakan pada 22 Januari 2023.

Tahun ini Biskuat juga menghadirkan Physical Education (PE) Teacher Workshop sebagai bagian dari rangkaian Biskuat Academy 2022. Kegiatan ini merupakan dukungan kepada para pahlawan dibalik pengembangan potensi sepak bola anak yaitu guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) di tingkat Sekolah Dasar melalui Workshop Pengembangan Kompetensi pada tanggal 15 Oktober 2022.

2.2.2 Keuntungan Anak Mengikuti Biskuat Academy 2022

  • Belajar Teknik sepak bola dari pelatih bersertifikasi UEFA A
  • Belajar langsung dari pemain nasional Indonesia
  • Kesempatan untuk memenangkan Tur ke Stadion di Eropa dan ratusan hadiah lainnya
  • E-Certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik yang ditandatangani oleh Kemendikbud dan Kemenpora untuk finalis

Penutup

Kekuatan dari dalam atau Inner Strength adalah kekuatan mental yang tercerminkan oleh kekuatan karakter yang ada pada setiap anak. Seperti pemberani, baik hati, tangguh, dan percaya diri.

Sebagai orang tua, kita harus memaksimalkan upaya untuk meningkatkan inner strength anak. Salah satu effort saya adalah dengan menyekolahkan anak di tamak kanak-kanak berkualitas yang concern terhadap pembentukan karekter.

Selain itu, orang tua bisa mengikutsertakan anak dalam kegiatan olah raga. Dengan mengikutinya, anak belajar sportif, tidak jemawa saat menang dan tidak menyerah saat kalah.

Event olahraga yang akan segera berlangsung adalah Biskuat Academy 2022. Banyak keseruan dan keuntungan yang ditawarkan pada rangkaian acaranya.

Yuk, daftarkan anak kita di Biskuat Academy, Playmates, dan buktikan manfaatnya dalam membantu mengembangkan karakter anak.

Kini sudah saatnya kita sebagai orang tua bergerak bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita anak Indonesia dalam bidang olah raga, khususnya sepak bola. Dalam video di bawah kita bisa melihat usaha seorang pelatih sepak bola bernama Coach Aji.

Selama bertahun-tahun Coach Aji konsisten berjuang untuk membantu anak-anak gang sempit meraih cita-cita. Telah banyak anak yang meraih mimpi menjadi pemain sepak bola handal, bahkan berhasil masuk squad timnas.

Jika satu orang saja mampu membuat perubahan, bisa dibayangkan dampaknya bila lebih banyak pihak yang bergerak. Mari jadi bagian dari pergerakan itu!

Referensi Tulisan:

Biskuat Academy 2022 – Press Release

Tentang Biskuat Academy – PDF

13 komentar untuk “Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022 Membantu Membangun Karakter”

  1. Ternyata Inner strength anak bisa ditempa melalui olahraga ya, seperti dengan diadakannya Biskuat Academy ini. Pastinya mereka senang sekali ikut acaranya, apalagi dengan bimbingan pemain profesional Sepak bola Indonesia 🙂

  2. Penyelenggaraan biskuat academy ini patut diacungi jempol, karena membantu orangtua mencari bakat anaknya plus anak bisa mengasah skill mereka

  3. sepakat, menumbuhkan inner strength anak itu penting untuk amsa depannya kelak
    salut dengan Biskuat Academy yang mau mengembangkan inner strength memalui program sekolah onlinenya

  4. Program Biskuat Academy ini keren banget lho. Bikin anak-anak di Indonesia dari kalangan manapun punya kesempatan ikut sekolah bola online dengan pelatih pro. Bayarnya cuma pakai Biskuat yang sangat terjangkau. Siapapun bisa beli.

  5. Biskuat memang gak pernah berhenti bikin kagum deh. Jumlah peserta Biskuat Academy ini aja dari tahun ke tahun terus meningkat.Pertanda kualitasnya tetap terjaga bahkan saat pandemi sekalipun bisa terus meningkat..

  6. Akyuuu sudah merasakan manfaatnya maak…si.kakak dulu sekolah sejak usia 1.5 th krn aq gamau py pembantu mending buat biaya sekolah aja drpd buat byr asisten.

    Persiapan adiknya lahir jd kalau sekolah aq bisa fokus adiknya ma istorahat di saat si kakak sekolah.

    Kalau dilihat dr biaya lumayan banget krn model.sekolah montessory inter school tp progressnya baguss so buat anak sekolah cr yg terbaik pastikan survey dulu krn mahal blm tentu baik.dan cocok buat anak

  7. Pingback: Fortune Indonesia: Media Bisnis Tepercaya yang Menjawab Tantangan Zaman - Monica Rasmona

  8. Pingback: Kampanye #KejuAsliCheck: Edukasi dari KRAFT agar Ibu Cermat dalam Memilih Keju - Monica Rasmona

  9. Pingback: Meningkatkan Kualitas Parenting bersama POPAC 2021 - Monica Rasmona

  10. Pingback: KRAFT Crolette: Sajian simple, bernutrisi, dan Menggugah Selera yang Menyelamatkan Ibu dari Mati Gaya Saat Menyiapkan Sahur - Monica Rasmona

  11. Pingback: Review IDN Live di IDN App: Mewujudkan Cita-cita Menjadi Seorang Content Creator Bersama IDN Live Streamer Fund - Monica Rasmona

  12. Pingback: Mensyukuri Nikmat Sehat Bersamaan dengan Oreo 110th Birthday Celebration - Monica Rasmona

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top