About Me

About Me, Monica Rasmona

Saya sangat bersyukur bapak menamai Monica Rasmona, sehingga saat terjun ke dunia literasi, saya tidak harus mengganti nama atau menggunakan nama pena. Menurut saya, nama itu sungguh keren.

Bagiku, menulis adalah jalan menuju keabadian. Ruang di mana aku bisa menyapa darah daging dari generasi berikutnya yang mungkin tidak sempat kutemui. Memang mereka bisa mengenali rupaku dari foto dan video. Namun, lewat aksara, mereka bisa meraba apa yang kurasa dan menebak apa yang kupikir, juga berdiskusi dalam lorong imajinasi.

Saya mengawali perjalanan menulis sekitar tahun 2010-an saat masih gemar menuliskan kegalauan, kerisauan, dan rasa sakit dalam kalimat-kalimat bersayap. Hampir satu dasawarsa berlalu saya seakan lupa kesenangan saat menulis. Kemudian pada tahun 2020 bergabung dalam sebuah komunitas menulis online yang menjadi pemantik lahirnya delapan buku antologi dan dua buku solo.

Setelah beberapa saat menjajal dunia fiksi, saya lalu tertarik untuk mengembangkan sebuah blog. Both of them are my passion, tetapi untuk saat ini saya lebih fokus ngeblog.

Buku Monica Rasmona

2020 merupakan tahun paling produktif. Saya kecanduan untuk terus berpartisipasi dalam berbagai event menulis. Berikut buku-buku saya, baik antologi bersama maupun solo.

  1. Riuh dalam Senyap, Alumni KMO Club Batch 23 Kelompok 3A. KMO Indonesia, 2020.
  2. Kereta Cerita, Antologi Fiksi Mini. Ellunar Publisher, 2020.
  3. Serpihan Kenangan, Nirania & The Nona Squad. AE Publishing, 2020.
  4. Sebelum Matahari Mendingin, 36 Penulis Terbaik Lomba Cerpen Tema Bumi. Sint Publishing, 2020.
  5. Keping-Keping Bening, Antologi Cerpen. Binar Media, 2020.
  6. Neptunus, Serial Cerita Anak. Palaray Media, 2021.
  7. Yaum, Antologi Cerpen Tema Siang. Palaray Media, 2021.
  8. Lily, Antologi Fiksi Mini Tema Pernikahan. Palaray Media, 2021.
  9. Putri Sulungku (Bukan) Musuhku, novel. Elfa Mediatama, 2021
  10. Telaga Renjana, novel. Benito Group, 2023.

Achievement

Scroll to Top