Meningkatkan Kualitas Parenting bersama POPAC 2021

“Memangnya kamu capek habis ngapain? Orang seharian saja di rumah.”

Telinga Desi langsung tegak sempurna demi mendengar kata-kata yang keluar dari mulut laki-laki yang beberapa tahun lalu meminta dirinya dari sang ayah. Otaknya membeku, padahal ribuan kalimat berjejalan di kepala. Saking banyaknya, sampai-sampai wanita tiga puluhan itu tidak tahu kalimat mana yang akan keluar duluan.

“Aku kerja seharian, kamu tahu itu. Pulang ke rumah aku ingin istirahat. Namun, apa yang aku dapat? Hanya rumah yang berantakan, anak-anak yang menangis, dan kamu yang kucel.”

Dimas berlalu sambil membanting pintu, meninggalkan Desi yang sekuat tenaga bertahan agar tetap mampu berdiri. Rahangnya mengatup kuat menahan amarah agar tidak tumpah, matanya panas menahan air mata agar tidak kentara.

Impian pernikahan yang indah ternyata hanya angan. Dia kira setelah pertanyaan bertubi tentang kapan nikah, dia akan memasuki gerbang kebahagiaan tak berujung ketika janji suci itu terucap. Ternyata, salah besar menjadikan pernikahan sebagai “alat” untuk membungkam mulut-mulut nyinyir itu. Dia toh tetap menghadapi masalah dan nyinyiran lain.

Saat pikiran dan hati semrawut, sepasang tangan kecil menarik-narik daster kumal Desi. Bocah itu merengek minta makan. Kepalanya semakin mau pecah tatkala bayi merah yang terbaring di tempat tidur itu menjerit dengan suara yang memekakkan telinga.

Desi masih bergeming, meratapi nasibnya yang tragis. Padahal dulu dialah bintang kelas, yang diprediksi akan menjadi orang sukses. Ternyata, di sinilah dia sekarang, berjibaku dengan hal remeh-temeh yang tak pernah usai.

Pintu kembali terbuka, sesaat dia berharap Dimas akan mendekat untuk sekadar memeluk dan membiarkan air matanya membasahi bahu sang suami.

“Dasar tidak berguna! Mau istirahat pun enggak bisa. Berisik!”

Dengan tatapan nanar, Desi memandang kedua sumber keributan itu. Apakah mereka berdua hanya tanggungan dia saja? Apakah harus selalu dirinya yang mengasuh anak-anak? Tiba-tiba saja perasaan yang sebelumnya tidak ada, merajai hatinya. Dia merasakan kebencian pada malaikat-malaikat kecilnya. Dia ambruk, kemudian menangis sejadinya.

***

Edited by me with CANVA

Assalamualaikum playground of Monica visitors? Masih waraskah hari ini? 😜 Harus dong, ya. Terutama para emak harus tetap strong agar rumah tangga tidak goyah. Cerita di atas 100% fiksi, ya. 🤭 Namun, saya yakin banyak yang mengalaminya. Sudah menjadi rahasia umum jika seorang ibu rumah tangga kurang mendapatkan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukannya.

Pekerjaan yang tak habis-habisnya dan pandangan sebelah mata dari orang-orang terutama orang terdekat membuat seorang ibu rumah tangga rentan mengalami stres, bahkan depresi. Wanita pada umumnya saja sering mengalami mood swing, apalagi saat memasuki masa pre-menstruasi syndrom.

Perubahan hormon semakin menjadi pada ibu paska melahirkan. Dalam keadaan fisik yang lemah setelah mempertaruhkan nyawa demi si buah hati, sang ibu harus langsung merawat bayinya, memandikan, begadang, mengganti popok, mengASIhi kapan pun si bayi mau. Benar-benar tidak ada liburan setelah melahirkan.

Hal di atas merupakan pekerjaan berat, tetapi kebanyakan orang malah menutup mata, menganggap itu wajar dialami seorang ibu. Padahal saat itulah sang ibu benar-benar membutuhkan pengertian dan perhatian dari orang sekitar, terutama suami.

Banyak orang yang menganggap ilmu parenting itu tidak penting karena akan didapatkan seiring berjalannya waktu. Kurangnya pengetahuan tentang parenting menjadikan mayoritas masyarakat tidak mau berempati pada perjuangan seorang ibu rumah tangga dan abai pada gejala penyakit kejiwaan yang dialaminya.

***

APA ITU POPMAMA?


Di zaman digital seperti sekarang, gampang sekali untuk mendapatkan informasi apa pun, termasuk ilmu parenting. Namun, tetap saja kita harus memilah informasi agar terhindar dari berita hoax. Untuk seputar parenting saya merekomendasikan popmama sebagai media digital tepercaya yang gampang diakses.

Popmama.com adalah media online yang menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk millennial mama di Indonesia.

Popmama.com lahir sebagai teman bagi millennial mama untuk berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik. Popmama.com menyajikan berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia, informasi mengenai dunia parenting, dan saran-saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya.

Konten kreatif di Popmama.com itu disajikan dengan sudut pandang dan cara penyajian yang berbeda dari media konvensional. Popmama.com menggunakan banyak visual, video, list, dan humor dalam penulisan artikelnya.

Visi dari Popmama.com adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan millennial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua.

Popmama.com adalah portal berita parenting yang merupakan bagian dari IDN Media, perusahaan media multiplatform untuk millennial dan generasi-Z.

***

 

APA ITU POPMAMA PARENTING ACADEMY?
Popmama Parenting Academy (POPAC) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh popmama.com sebagai solusi dari banyak hal bagi keluarga milenial yang mencari hiburan, pendidikan, pengalaman menyenangkan, dan pengalaman berbelanja.

Di sinilah Anda dapat menemukan semua yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan pengasuhan di masa depan, termasuk tantangan terbesar dalam pengasuhan dewasa ini: cara memanfaatkan teknologi secara bijaksana di era Internet.

Popmama Parenting Academy 2021 (POPAC 2021) diselenggarakan mulai tanggal 1-31 Desember 2021. Pastinya ada banyak acara seru dan menyenangkan untuk Mama, Papa, dan Si Kecil. Berikut acara utama POPAC 2021:

1. Community Awards

Community Awards adalah ajang penghargaan komunitas dari Popmama.com di acara POPAC 2021. Acara ini diadakan untuk mendukung komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat.

💕 Akan ada dua kategori di Community Awards POPAC 2021
Di POPAC 2021, ada dua ketegori untuk Community Awards yakni Educative Community Award yang ditujukan untuk komunitas yang paling mendidik. Lalu ada Supportive Community yang ditujukan untuk komunitas paling supportif. Penghargaan ini diberikan dalam rangka POPAC 2021 yang tahun ini mengambil tema “Parents Support Parents”.

💕 Pendaftaran komunitas dilakukan 1-20 November
Berikut adalah timeline pendaftaran hingga pengumuman pemenang, yakni:
☑️ 1-20 November 2021 untuk masa pendaftaran
☑️ 22-24 November 2021 untuk penjurian tertutup
☑️ 25 November- 3 Desember 2021 untuk penjurian terbuka
☑️ 22 Desember 2021 untuk pengumuman pemenang

💕 Link pendaftaran dan hadiah bagi pemenang Community Awards POPAC 2021
Bagi Mama yang ingin mengetahui lebih lengkap informasi mengenai Community Awards POPAC 2021 bisa mengakses di link ini, https://bit.ly/PopmamaCommunityAwards2021.

💕 Hadiah
Untuk pemenang yang terpilih dan sesuai dengan ketentuan juri, yaitu:
Supportive Community Award akan mendapatkan iang bantuan operasional Rp 5,000,000 dan plakat
Educative Community Award akan mendapatkan uang bantuan operasional Rp 5,000,000 dan plakat

2. Donasi bareng Kitabisa

Bersamaan dengan penyelenggaraan Popmama Parenting Academy 2021, Popmama.com pun ikut menginisiasi penggalangan dana bagi anak-anak yang harus kehilangan orangtuanya akibat Covid-19.

Hal ini sejalan dengan tagline dari event Popmama.com Parenting Academy 2021, yaitu “Parents Support Parents”, di mana diharapkan para orang tua bisa saling mendukung satu sama lain untuk menjaga generasi anak Indonesia yang harus tumbuh di tengah situasi pandemik.

Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. Periode penggalangan dana berlangsung hingga 31 Desember 2021. Bagi yang mau berpartisipasi, bisa klik link berikut untuk bedonasi, https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid.

3. Popmama Little Star

Anda dapat menunjukkan kemampuan si Kecil melalui acara Popmama Little Star 2021 agar bakatnya semakin terasah dan diketahui oleh banyak orang.

💕 Syarat dan ketentuan mengikuti Popmama Little Star 2021
☑️Peserta Popmama Little Star ditujukan untuk anak usia 7-12 tahun
☑️Periode pendaftaran dimulai dari 15 Oktober – 15 November 2021
☑️Pendaftaran dilakukan melalui instagram/TikTok
☑️Diperbolehkan untuk mengunggah foto atau video sebanyak-banyaknya
☑️Foto atau video peserta yang sudah terkumpul akan disaring untuk dipilih 10 finalis
☑️Akun Instagram/TikTok tidak boleh diprivate selama periode pencarian bakat
☑️Bakat 10 Finalis akan ditampilkan di acara Popmama Academy 2021 Online
☑️Seluruh finalis akan mendapatkan sertifikat dan hadiah hiburan

💕 Cara mengikuti Popmama Little Star 2021
☑️Abadikan momen unjuk bakat si Kecil dalam bidang apa pun (menari, menyanyi, berakting, modelling, olahraga, dll)
☑️Upload foto/video tersebut melalui akun Instagram/TikTok pribadi
☑️Ceritakan bakat & penghargaan yang sudah diraih si Kecil melalui caption
☑️Tag dan mention @popmama_com & @popmama.parenting.academy
☑️Gunakan hashtag #POPAC2021 dan #PopmamaLittleStar2021 #Littlestar(bakat anak) contoh #LittleStarMenari
☑️Akun Instagram/TikTok tidak boleh diprivate selama periode pencarian bakat
☑️Periode pendaftaran dimulai 15 Oktober – 15 November 2021

💕 Hadiah menarik yang bisa didapat dari acara Popmama Little Star 2021
Juara 1: Rp2.000.000 + plakat
Juara 2: Rp1.500.000 + plakat
Juara 3: Rp1.000.000 + plakat
3 Juara Harapan: @Rp500.000 + sertifikat

💕 Tanggal penting
Kompetisi ini berlangsung selama kurun waktu 15 Oktober – 15 November 2021.

4. Lomba blog

💕 Ketentuan umum
☑️Lomba menulis ini terbuka untuk siapap dan tidak dipungut biaya apap (GRATIS).
☑️Peserta lomba hanya boleh menggunakan platform ini: domain berbayar, WordPress, Blogspot ataupun Wix.
☑️Peserta lomba boleh mendaftarkan lebih dari 1 artikel yang memenuhi KETENTUAN TULISAN, akan tetapi hanya bisa memenangkan 1 hadiah.
☑️Peserta lomba wajib melakukan pendaftaran dan mengirimkan link (URL) postingan blog di: https://bit.ly/LombaBlogPOPAC2021
☑️Untuk pertanyaan seputar blog review competition bisa dikirimkan melalui email blogger@idntimes.com
☑️Peserta wajib follow media sosial Popmama.com (boleh salah satu):

Facebook: https://www.facebook.com/PopmamaIDN

Instagram: @popmama_com dan @popmama.parenting.academy

TikTok: @popmama_com

💕 Ketentuan tulisan
☑️Panjang artikel minimal 500 kata (lebih banyak, lebih baik).
☑️Artikel ditulis dan diterbitkan dalam jangka waktu 1-30 November 2021
☑️Peserta bisa memilih salah satu dari 3 topik berikut ini:
Sejarah Popmama Parenting Academy
Apa itu Popmama Parenting Academy
Isi acara Popmama Parenting Academy 2021
☑️Judul dan URL artikel wajib dengan memuat kata “Popmama Parenting Academy 2021” atau “POPAC 2021”
☑️Dalam tulisan, peserta wajib menggunakan semua kata kunci terpilih dalam tabel di bawah ini dan memberikan hyperlink/tautan sesuai daftar berikut ini setiap kali kata tersebut muncul dalam tulisan.
Kata yang wajib digunakan
Hyperlink ke
Popmama Parenting Academy https://popac.popmama.com
Popmama.com. https://www.popmama.com
☑️Artikel yang ditulis merupakan karya dari penulis itu sendiri, belum pernah dipublikasikan di media/platform apap dan tidak mengandung unsur pornografi, SARA, muatan politik atau tindakan yang melanggar hukum (akan di review oleh tim
Popmama.com).

💕 Hadiah
Sembilan orang pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai total 6 juta rupiah dengan rincian:
Juara 1: Rp. 2.000.000
Juara 2: Rp. 1.500.000
Juara 3: Rp. 1.000.000
6 Juara Harapan: @Rp. 250.000
Doorprize: 3 Oven Listrik Pero 28 liter

💕 Tanggal penting
Kompetisi ini akan berlangsung selama kurun waktu 1-30 November 2021. Pengumuman pemenang blog review competition diadakan pada: Rabu, 22 Desember 2021 dalam Awarding Night Popmama Parenting Academy 2021 dan akan dimuat di sosial media Popmama.com ya.

Wah, menarik sekali, ya, rangkaian acaranya. Masih ada waktu buat ikutan, yuk ramaikan!

Sumber:

https://www.popmama.com

https://popac.popmama.com

https://www.popmama.com/life/health/putri-syifa-nurfadilah/apresiasi-komunitas-di-community-awards-popac-2021-yuk-daftar

https://www.popmama.com/life/health/greg-bima/bersama-popmama-com-bantu-anak-yatim-piatu-akibat-covid

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/devi-ari-rahmadhani/unjuk-bakat-di-popmama-little-star-2021-raih-hadiah-jutaan-rupiah/2

https://www.popmama.com/life/health/greg-bima/lomba-blog-popmama-parenting-academy-2021-raih-hadiah-jutaan-rupiah