Kampanye #KejuAsliCheck: Edukasi dari KRAFT agar Ibu Cermat dalam Memilih Keju

Aku suka Jaipong
kau suka disko o, o, o,
aku suka singkong
kau suka keju oh oh oh..

Aku dambakan
seorang gadis yang sederhana
aku ini hanya Anak Singkong
Aku hanya Anak Singkong

Assalamualaikum playground of Monica’s visitors, salam sehat untuk semua, ya. Bagi angkatan 80’an penggalan lirik di atas pasti sudah tidak asing. Saya kelahiran tahun 80-an juga, tetapi akhir. Sehingga masuknya ke angkatan 90-an, sih. (Menolak tua ๐Ÿ˜…) Namun, saking ngehitsnya lagu itu, jangankan liriknya, nadanya juga saya tahu.

“Singkong dan Keju” merupakan lagu dari grup musik lawas Bill and Brod. Bill and Brod adalah salah satu grup musik yang tenar pada 1980-an lewat lagu-lagu dan penampilan mereka yang khas. Lagu “Singkong dan Keju” juga sempat dipopulerkan secara solo oleh salah satu personel Bill and Brod, mendiang Arie Wibowo. (Sumber: https://www.kompas.com/hype/read/2020/11/05/103500866/lirik-dan-chord-lagu-singkong-dan-keju-dari-bill-and-brod)

Lagu itu menceritakan kisah dua orang dengan latar belakang yang sangat jauh berbeda. Yang satu mempunyai selera tinggi dan lainnya sederhana. Si Selera Tinggi digambarkan dengan keju, sedang si Sederhana disamakan dengan singkong. Hal ini memberi kesan bahwa keju itu makanan bagi orang-orang tertentu dengan selera yang bagus.

Akan tetapi, lain dulu lain sekarang. Di tahun 2020-an seperti sekarang makanan olahan berbahan keju sudah mudah didapatkan. Keju tidak lagi hanya milik kalangan atas, masyarakat umum pun sudah terbiasa menyantapnya. Mulai dari roti bakar rasa keju, martabak keju, pisang keju, dan masih sangat banyak lagi. Pun, minuman kekinian tak terlepas dari yang bertopping keju.

Banyaknya merk keju yang bertebaran di pasaran terkadang membuat para ibu bingung mana keju yang mengandung nutrisi tepat. Ada juga sih yang enggak bingung, asal beli saja. Merk apa pun tidak masalah, yang penting judulnya keju saja, seperti saya. ๐ŸคญJenisnya pun beraneka ragam, yang paling sering kita temui dalam keseharian adalah keju cheddar.

Menyadari hal tersebut, Keju KRAFT yang merupakan salah satu brand unggulan dari Mondelฤ“z Indonesia, mengajak para Ibu untuk lebih pintar dalam memilih keju cheddar dengan komposisi bahan yang tepat dan berkualitas dengan menghadirkan kampanye #KejuAsliCheck. Sehingga para ibu bisa memastikan kandungan gizi yang optimal dalam proses tumbuh kembang buah hati.

Hal tersebut sejalan dengan hasil survei KRAFT terhadap konsumen yang mengungkap bahwa, 50 persen responden yang merupakan para ibu mengatakan sering mengkonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu). Namun, lebih dari 61 persen tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Selain itu, terungkap juga bahwa 77 persen ibu mengaku terbiasa melihat label pangan. Akan tetapi, lebih dari 48 persen tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju KRAFT menjelaskan, kampanye #KejuAsliCheck ini merupakan inisiatif dari KRAFT, sebagai panduan yang memudahkan para ibu dalam membaca label pangan pada kemasan keju cheddar. Terlebih, tidak semua produk keju cheddar di pasaran berbahan utama keju cheddar. โ€œMelalui kampanye ini KRAFT ingin memberikan edukasi kepada semua Ibu di seluruh Indonesia terkait kandungan nutrisi keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas. Kampanye #KejuAsliCheck dapat diterapkan melalui dua cara mudah, yaitu dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan,โ€ jelas Dian.

Komposisi Kraft pada urutan pertama adalah keju cheddar
Tabel nutrisi keju KRAFT

Tadi saya membeli keju Kraft di toserba. Niatnya mau mencari yang ukuran sedang, tetapi sedang kosong. Jadi, saya membeli yang ukuran kecil (35g) dua buah. Karena kampanye #KejuAsliCheck ini, saat belanja keju saya jadi memperhatikan kandungannya dan ternyata memang benar kandungan utamanya itu keju cheddar. Selain itu klaim nutrisi dalam kemasannya pun tertera dengan jelas. Kemudian saya pun iseng ngintip komposisi keju merk lain, dan urutan pertamanya adalah air. ๐Ÿคญ

Kalsium merupakan kandungan andalan yang terdapat dalam keju. Karena keju KRAFT punya saya berukuran kecil kandungan kalsiumnya 10% saja. Semakin besar ukuran kejunya semakin besar kandungan kalsiumnya. Pada tabel di atas takaran sajinya adalah 20 gr, itu berarti dengan mengonsumsi 20 gram keju kraft cheddar yang mengandung 10% kalsium kita sudah memenuhi kebutuhan kalsium harian. Berdasarkan klaim KRAFT besarannya adalah 30%. 70% lagi bisa dipenuhi dari susu, sayur mayur, dan bahan pangan lain.

Saya pun menjadi yakin kalau KRAFT cheddar itu merupakan pilihan produk keju yang tepat untuk berbagai kreasi sajian lezat bernutrisi untuk buah hati, karena telah memenuhi standar keaslian keju dan diperkaya berbagai nutrisi yang juga tertuliskan di label kemasan.

Seperti halnya sajian kesukaan si bungsu di bawah ini. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat, serta cara menyajikan yang simple, makanan ini jadi begitu istimewa kala ditaburi keju Kraft. Sudah lezat, sehat lagi.

Di saat si bungsu merengek minta disediakan camilan, mamak tinggal rebus jagung. Setelah matang, dioles mentega, dikasih susu sedikit, dan gongnya ada di taburan keju Kraft. Beuh udah lah ya, ini mah mamaknya juga doyan. ๐Ÿ˜…

Keju cheddar yang dihadirkan oleh KRAFT telah memenuhi semua kriteria sesuai kampanye #KejuAsliCheck, yaitu berbahan utama Keju Asli New Zealand pada urutan pertama, serta dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh keju cheddar KRAFT ini juga dapat dilihat langsung pada kemasan, sehingga akan memudahkan para Ibu dalam memastikan manfaatnya bagi buah hati.Selain itu, keju cheddar KRAFT juga memiliki rasa lezat dengan gurih keju yang khas, serta tanpa perisa tambahan.

Nah, sekarang sudah enggak bingung lagi, kan, dalam menentukan keju cheddar yang tepat untuk keluarga? Yuk, share juga menu sajian favorit keluarga kalian yang berbahan keju!

Sumber:
https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Siaran-Pers.docx
https://ibuibudoyannulis.com/wp-content/uploads/2021/12/KRAFT-KejuAsliCheck-Lembar-Fakta.docx