Review IDN Live di IDN App: Mewujudkan Cita-cita Menjadi Seorang Content Creator Bersama IDN Live Streamer Fund

Saya adalah penggemar karya Ariel dan kawan-kawan, baik saat masih bernaung di bawah panji Peterpan, maupun kini setelah berganti nama menjadi Noah. Tentunya, hal itu tidak terlepas dari lagu mereka yang easy listening. Irama dan melodinya khas dan dikerjakan dengan serius.

Tahun 2002 menjadi tahun pertama saya mengenal Peterpan. Sampai sekarang tahun 2020, saya tetap menjadi penikmat karya mereka. Awalnya, perhatian saya hanya terfokus pada musik yang mereka ciptakan. Semakin saya dewasa, saya menjadi lebih tertarik pada lirik yang ditulis.

Lagu Tak Ada Yang Abadi merupakan lagu Ariel yang menjadi favorit saya dari segi lirik. Sepintas terdengar seperti lagu tentang sepasang kekasih, tetapi saat dihayati lebih dalam, lirik lagu ini memiliki makna yang sangat relijius. Bahkan, hal ini diakui oleh Ariel sendiri, sebagai penulis lirik.

Tak Ada Yang Abadi sangat relate dengan semua hal yang terjadi di dunia ini karena memang perubahan itu suatu keniscayaan. Semua aspek kehidupan berubah seiring berjalannya waktu, seperti cara berpakaian, cara berbelanja, penggunaan alat eletronik, alat pembayaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu perubahan yang sangat terasa bagi saya yang hidup sebagai remaja tahun 90-an adalah perubahan cita-cita. Cita-cita kami jauh berbeda dengan cita-cita anak zaman now. Adakah yang bisa menebak apa saja?

CITA-CITA ANAK GENERASI 90-AN


Saat duduk di bangku Sekolah Dasar sekitar tahun 1994-2000, guru sering bertanya apa cita-cita kami, para murid. Pada zaman itu astronot menduduki tahta tertinggi. Dengan imajinasi yang tak berbatas, tentunya bisa bepergian ke luar angkasa merupakan keinginan setiap anak.

Selain astronot, anak-anak juga terpesona dengan gagahnya polisi, kerennya pilot, dan pintarnya dokter. Saya pun kala itu bercita-cita ingin menjadi seorang astronot. Meskipun seiring berjalannya waktu cita-cita itu menjadi kabur sebelum kemudian menghilang.

CITA-CITA ANAK ZAMAN NOW
Di tahun 2020-an kini, teknologi berkembang sangat pesat. Segala kemudahan yang ditawarkan hi-tech membuat banyak perubahan di berbagai sektor. Berbelanja menjadi lebih mudah, tinggal klik-klik saja. Barang yang dipesan bisa sampai di rumah dalam beberapa hari, bahkan bisa beberapa jam saja. Begitu pun dengan mencari ilmu, berbagi pengalaman, mengumpulkan donasi, dan lain-lain. Literally, dunia dalam genggaman.

Berbeda dengan anak di zaman saya dulu yang bermimpi menjadi pilot dan polisi. Kini, anak-anak dan remaja banyak yang bercita-cita menjadi content creator. Massive-nya penggunaan berbagai aplikasi dan media sosial menjadikan para anak muda ingin terjun di bidang itu.

APA ITU CONTENT CREATOR?


Menurut Wikipedia, Pembuatan konten (bahasa Inggris: content creation) adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu,[1] Konten adalah “sesuatu yang ingin diekspresikan melalui beberapa media, seperti pidato, menulis atau berbagai seni”[2] untuk mengekspresikan diri, distribusi, pemasaran atau publikasi. Bentuk tanggung jawab pembuatan konten di antaranya adalah pemeliharaan dan pembaruan konten situs web, blogging, penulisan artikel, fotografi, videografi, komentar daring, pemeliharaan akun media sosial, dan penyuntingan serta distribusi media digital. Sebuah survei Pew menggambarkan pembuatan konten sebagai kreasi “materi yang dikontribusikan orang ke dunia daring.”[3]

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa content creator adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan konten, di antaranya adalah pemeliharaan dan pembaruan konten situs web, blogging, penulisan artikel, fotografi, videografi, komentar daring, pemeliharaan akun media sosial, dan penyuntingan serta distribusi media digital.

APA ITU IDN APP?


IDN Times selaku multi-platform digital media yang meliputi berita dan hiburan sangat mengerti dengan pergeseran cita-cita dan keinginan anak zaman sekarang. Oleh karena itu, mereka merilis IDN App. IDN App sendiri adalah platform baca berita dan hiburan terlengkap pilihan milenial dan gen Z.

Siapa bilang berita itu membosankan? IDN berani menghilangkan mindset tersebut lewat platform TERLENGKAP. Berita-berita menarik, terlengkap, khas gaya Milenial & Gen Z. Tidak hanya lengkap, aplikasi baca berita terkini ini mencapai hingga 60 juta pembaca setiap bulannya di website.

Mau tahu kenapa IDN menjadi favorit banyak anak-anak muda?

IDN khusus untuk kamu
Dengan fitur personalisasi news feed, jangan sampai tertinggal berita-berita terbaru sampai trending. IDN menyediakan fitur sharing ke sosial media agar kamu bisa membagikan artikel favoritmu kepada teman-teman.

IDN paling lengkap
Kategori apa pun yang dicari, semua ada. Mulai tips berkomunikasi bersama anak, berita politik, olahraga, hingga quiz untuk menentukan suamimu lewat member BTS . IDN terlengkap memberikan informasi sesuai kebutuhan secara akurat.

Selalu update
Masih membutuhkan informasi lebih lanjut atau butuh mendengarkan opini orang lain? Jangan khawatir, IDN menyiapkan halaman tanya jawab buatmu apabila ingin berbagi opini kepada para netizen mengenai suatu topik. Wah, bisa jadi dapet teman diskusi baru nih

Tepercaya
Hoax? IDN tidak mengenal itu dalam artikelnya karena sumber berita IDN kini berasal dari IDN Media network yaitu IDN Times, Popbela, Popmama, Duniaku melalui akurasi
kualitas berita yang baik.

Memangnya IDN punya apa aja sih?

Melalui IDN, dapatkan berbagai news update terlengkap, berita regional Indonesia, berita bola, bisnis ekonomi, parenting, anime, manga, otomotif, sport, travel, tech/teknologi, life, health, food, science, grooming men, quiz, dan lainnya!

IDN App mengedepankan akurasi, berita terkini, terpercaya, tercepat tentang semua kejadian di sekitar kita. Kategori bisnis ter-update, ekonomi pemerintah, dan keuangan dunia. Berita olahraga terkini beserta highlight pertandingannya seperti Liga Indonesia, Liga Inggris, Italia, Spanyol & Liga Champions. Selalu up-to-date dengan berita teknologi terkini berisikan review gadget, review game, dll. Berita korea terfavorit. update terbaru tentang k-pop, k-drama, boyband korea favoritmu seperti BTS maupun EXO!

APA ITU IDN LIVE?


IDN Live adalah platform live streaming yang menghubungkan pembuat konten dengan komunitasnya. Platform ini memungkinkan suara Anda didengar, interaksi asli terjalin, dan hubungan otentik terbentuk.

Kini sedang berlangsung program menarik dari IDN live, yakni IDN Live Streamer Fund. Pihak IDN menyediakan dana sebesar Rp. 50 miliar untuk memberi penghargaan kepada streamer atas dedikasi mereka dalam membuat streaming yang kreatif dan otentik.

APA ITU IDN LIVE STREAMER FUND?
IDN ingin menunjukkan penghargaan kepada komunitas streamer yang luar biasa dengan memberi penghargaan atas kreativitas dan keaslian dalam live streaming. Mereka ingin semua streamer memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan apa yang disukai dan mengubah hasrat menjadi mata pencaharian.


BAGAIMANA DANA DIHITUNG?
Dana yang dapat diperoleh setiap streamer dihitung melalui kombinasi faktor; termasuk jumlah jam streaming dan pemirsa, tingkat keterlibatan obrolan dan hadiah virtual, dan banyak faktor lainnya.

APAKAH ADA BATASAN JUMLAH STREAMER YANG BISA BERGABUNG?
Tidak ada batasan jumlah streamer yang dapat bergabung. IDN ingin sebanyak mungkin streamer yang memenuhi syarat untuk mendapatkan penghasilan dengan melakukan apa yang disukai di IDN Live.

SIAPA YANG BERHAK MENDAPATKAN STREAMER FUND?
SEMUA ORANG dipersilakan untuk mendaftar dengan pedoman di bawah ini:
💜 Berbasis di Indonesia. 18 tahun ke atas.
💜 Memiliki minimal 100 pengikut di Aplikasi IDN.
💜 Konsisten dalam streaming harian di IDN Live.
💜 Mempromosikan hal positif & inklusivitas.
💜 Kreatif, otentik, dan asli
💜 Mematuhi pedoman komunitas IDN Live.

PENUTUP
Seiring dengan bertambah majunya teknologi, banyak aspek di hidup kita yang mengalami perubahan secara signifikan, salah satunya adalah cita-cita. Ya, cita-cita anak generasi 90-an dan anak zaman now sangat jauh berbeda.
Massive-nya penggunaan smartphone dan pengaksesan pada sosial media menjadikan cita-cita para anak pun bergeser ke profesi yang berhubungan dengan hal-hal yang berbau digital, yakni content creator.

IDN sebagai aplikasi kekinian memahami hal ini sehingga menghadirkan fitur IDN live yang bisa dijadikan wadah berkreasi bagi para content creator. Di sini mereka bisa mengekspresikan apa yamg disuka seperti menyanyi dan bermain musik. Selain itu, mereka juga bisa berinteraksi langsung dengan viewers.

Apakah berhenti sampai di situ? Tentu saja tidak. IDN live memberikan kesempatan bagi content creators untuk mendapatkan dana melalui program IDN Live Streaming Fund. Tidak tanggung-tanggung dana yang disediakan adalah sebesar Rp. 50 miliar. Yuk, para content creator manfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh cuan dari hasil mengekspresikan apa yang disukai.

 

Sumber:

https://idn.onelink.me/VKUf/IDNAppBlogComp

https://streamerfund.idn.app/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pembuatan_konten