Cek Resi Mudah Bikin Lacak Paket Tak Lagi Jadi Masalah

Empat hari berlalu sudah sejak saya belanja di Toko Oren untuk membeli sebuah baju sebagai kado bagi keponakan baru. Namun, saat saya bertanya kepada sang adik tentang kabar terbaru perihal itu, dia menjawab tidak tahu. Kala sedang kalut seperti itu, saya berharap cek resi mudah, yang artinya bisa di lacak dari rumah.

Syukurnya, cek resi memang semudah itu. Sebenarnya saya tidak sengaja menuju ke cekresi.com. Saya hanya berusaha mengecek nomor resi dengan mengetikkan kata kunci “cek resi” di pencarian kesayangan kita semua. Begitu hasil pencarian muncul, cekresi.com menempati posisi teratas.

Tanpa berpikir panjang saya langsung klik dan memasukkan nomor resi. Dalam hitungan detik, saya jadi tahu bahwa paket itu sudah berada di Bandung yang merupakan domisili adik saya yang baru memiliki bayi, tetapi paket tersebut sedang dipersiapkan untuk menuju tempat pengirimnya karena alamat tujuan yang kurang lengkap.

Saya segera menelepon customer service ekspedisi, menjelaskan duduk perkaranya, lalu melengkapi alamat yang kurang rt dan rw-nya. Alhamdulillah, masalah terselesaikan dan paket pun akhirnya sampai ke tujuan.

Hidup Lebih Amazing dengan Belanja Daring

Sudah beberapa tahun belakangan saya keranjingan berbelanja secara daring. Mulai dari baju, sepatu, peralatan rumah tangga, peralatan sekolah, hingga barang-barang kecil semacam cutter. Belanja online itu simple dan hemat, baik hemat uang, waktu, atau pun tenaga.
Sebelumnya, jika hendak berbelanja, kita harus mendatangi toko. Selain belum tentu mendapatkan barang yang kita inginkan, biaya lain-lainnya pun lumayan menguras dompet, seperti ongkos dan jajan.

Kini, hanya dengan bermodal ponsel, kita bisa berselancar dari toko ke toko. Sistem pembayaran Cash On Delivery pun semakin memudahkan, mengingat masih ada orang yang belum terbiasa membayar dengan sistem transfer.

Selain belanja untuk diri sendiri, memberi kado bagi kerabat yang baru melangsungkan pernikahan atau memiliki buah hati pun tidak lagi menjadi hal memusingkan. Seperti halnya cerita saya di atas tadi.

Saya bermaksud memberikan kado untuk keponakan di luar kota. Saya memilih barang seperti biasanya, tinggal alamatnya yang diganti. Memberi kado kini tidak lagi harus menunggu kita punya waktu luang, kapan pun bisa menunjukkan kasih sayang kepada yang tersayang.

Terkadang Belanja Daring Pun Bikin Pusing Tujuh Keliling

Cek resi mudah bikin lacak paket tak lagi jadi masalah

Berbagai kemudahan yang saya dapatkan dari belanja daring memang mampu membuat saya menjadi jarang berbelanja di toko offline. Namun, itu bukan berarti belanja online tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa hal yang memang sudah menjadi risiko, terpaksa dimaklumi, atau yang membuat kecewa.

Butuh Waktu Untuk Sampai Tujuan

Hal ini sudah menjadi risiko saat berbelanja online. Saat kita memutuskan untuk membeli barang secara daring berarti kita setuju bahwa barang tidak akan langsung ada di tangan. Saya masih sering mendapati para pembeli yang tidak sabaran marah-marah di lapak penjual.

Kalau masih dalam waktu yang wajar biasanya saya hanya berusaha sabar menunggu. Kecuali kalau sudah lewat sekitar tiga hari penjual belum juga mengirimkan barang, kadang saya mengonfirmasikan hal tersebut. Tidak ada yang melarang untuk bertanya, asal sopan, kedua belah pihak pasti sama-sama nyaman.

Kita pun harus teliti barang tersebut ready atau sistem pre-order. Kalau PO tentunya penjual membutuhkan waktu cukup lama sebelum mengirimkannya. Jika kita sedang buru-buru, belanja online bukanlah jawaban. Tentunya lebih bijak jika kita membeli barang yang kita butuhkan saat itu di toko offline saja.

Barang Tidak Sesuai Deskripsi

Salah satu kekurangan berbelanja online itu adalah kita tidak bisa melihat secara langsung penampakan barang. Foto produk memang cukup membantu, tetapi kita tetap tidak tahu persis ukuran dan teksturnya.

Di bawah gambar biasanya penjual memaparkan deskripsi barang tersebut. Di sinilah kemampuan membaca kita diuji. Terkadang ada pembeli yang malas membaca sehingga tidak menangkap info produk secara menyeluruh.

Kita juga jangan lantas percaya pada deskripsi tersebut karena masih ada penjual nakal yang berkeliaran. Untuk memastikan kita bisa mengecek kualitas toko, biasanya ada bintang yang menunjukkan seberapa baik toko tersebut.

Yang paling penting tentunya adalah testimoni pembeli. Ada banyak tipe pembeli, mulai yang hanya membubuhkan jumlah bintang hingga menulis komentar panjang kali lebar, lengkap dengan fotonya. Tipe pembeli cerewet seperti itu sangat membantu calon pembeli.

Salah Kirim Barang

Saya pernah beberapa kali mengalami hal yang tidak mengenakkan ini. Berhari-hari menantikan paket datang. Begitu datang ternyata isinya jauh dari yang diharapkan. Dari yang beda warna, ukuran, sampai yang penampakannya benar-benar berbeda jauh dari barang yang dipesan.

Suatu kali saya memesan pisau set berwarna ungu, ternyata yang datang berwarna merah. Karena saat itu sedang mengumpulkan barang berwarna ungu, saya memilih untuk mengembalikannya. Meskipun repot harus mengemas ulang dan mendatangi kantor ekspedisi.

Pernah pula saya memesan baju untuk anak pertama. Beberapa hari kemudian paket itu datang dan isinya jauh berbeda dengan baju yang saya pesan. Karena saat itu menjelang lebaran, saya terpaksa menelan kekecewaan dengan pasrah menerima baju yang salah kirim tersebut.

Selain itu saya pernah juga kecewa saat membeli jam tangan, raket nyamuk, baju, dan beberapa produk lain. Sebagian penjual ada yang merespons keluhan, sebagian ada yang mengabaikan. Apa pun itu saya anggap sebagai risiko dari sebuah pilihan.

Salah Alamat

“Kemana … kemana … Kuharus mencari kemana?” Eh, salah itu sih alamat palsu, ya. Kalau pengalaman saya kali ini perihal salah alamat. Kala itu saya berbelanja skincare dan pas saya cek tracking di marketplace-nya ada keterangan paket telah diterima yang bersangkutan.

Saya agak panik karena setelah tanya orang rumah pun tidak ada yang merasa menerima paket tersebut. Langsung saya hubungi penjualnya dan pihak sana pun bilang di laporannya barang sudah sampai.

Di tengah kebingungan ada nomor asing yang menghubungi via aplikasi chat ijo. Dia memperkenalkan diri sebagai Monica, nama yang sama dengan nama saya. Singkat cerita, orang baik itu menerima paket yang seharusnya dikirim ke alamat saya dan mengajak bertemu untuk mengembalikannya.

Saya beruntung karena yang menerima paket itu jujur. Kalau yang bersangkutan punya niat jahat sudah lain lagi ceritanya. Saya bisa nangis di pojokan karena kehilangan skincare yang harganya lumayan.

Penipuan

Saya dan beberapa sahabat mengelola sebuah toko online shop. Selain berjualan secara online, kami pun berbelanja secara online. Kami pernah menjadi korban kejahilan seorang penjual, padahal saat itu kami berbelanja via marketplace.

Penjual itu mengirimkan sepatu anak yang tidak sesuai deskripsi. Kami langsung mengajukan pengembalian dana. Di sini penjual semakin menunjukkan gelagat yang mencurigakan. Di ruang diskusi, dia mencoba mengecoh dengan kalimat, “Apakah Anda hendak mengajukan pengembalian dana sebesar Rp. 126?”

Mungkin dia mencoba peruntungan, berharap kami menjawab “Ya”. Kalau saja tidak teliti perihal hilangnya tiga angka nol di belakang, kami pasti kehilangan dana dan sepatu tersebut.

Alamat Kurang Lengkap

Untuk kasus ini murni kesalahan saya yang kurang lengkap menuliskan alamat tujuan. Kisahnya seperti yang saya tulis di awal artikel. Untungnya cek resi mudah sehingga saya bisa melacak keberadaan paket tersebut. Terlambat sedikit saja paket itu akan segera dikembalikan ke pengirimnya.

Dapatkah kalian menebak penjualnya domisili mana, Playmates? Bukan, bukan, Jakarta atau Surabaya. Saya membeli baju untuk keponakan dari Negeri Tirai Bambu, China. Tidak terbayang kalau paket itu telanjur berlayar kembali ke tempat asalnya.

Cek Resi Mudah dengan cekresi.com

Cek resi mudah dengan cekresi.com

Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat keranjingan berbelanja online. Marketplace bermunculan bagai jamur di musim penghujan. Meskipun kehadiran marketplace memberikan rasa aman, baik bagi penjual maupun pembeli, kita tetap harus waspada terhadap penipu yang senantiasa mencari celah.

Di antara hiruk-pikuk aktivitas belanja online, cekresi.com telah hadir selama 10 tahun ini untuk menyediakan rasa aman yang lebih menentramkan. Berikut lima kemudahan cekresi.com:

  • Deteksi nomor resi otomatis
  • Bagikan status via E-mail
  • Bagikan via Short URL
  • Bagikan status resi ke social media
  • Simpan history resi

Layanan cekresi.com memudahkan pengirim dan penerima paket untuk mengetahui status resi atau keberadaan paket yang sedang dikirim sudah sampai dimana posisinya. Setiap hari ratusan ribu nomor resi dari berbagai kurir pengiriman dilacak melalui website, widget, dan aplikasi mobile.

Apapun ekspedisi yang digunakan, kalian bisa tracking resi jasa pengiriman barang di satu tempat saja. Mengenali otomatis (auto detect) resi lebih dari 60 ekspedisi pengiriman.

Informasi Pengiriman dari Cekresi.com yang Bikin Cek Resi mudah

Informasi Pengiriman dari Cekresi.com yang Bikin Cek Resi mudah

Cek Resi dengan cekresi.com mudahnya kebangetan. Kita tinggal masukkan nomor resi dan ekspedisinya. Tanpa perlu menunggu lama informasi mengenai paket langsung terpampang nyata dan lengkap. Informasi yang disajikan meliputi informasi pengiriman, siapa yang menerima paket, bagikan status paket, dan lihat perjalanan paket.

  • Informasi Pengiriman

Informasi ini memperlihatkan tabel perihal nomor resi, tanggal dikirim, dikirim ke, dan status.

  • Siapa yang Menerima Paket

Berisi nama yang menerima paket, beserta tanggal, jam, dan kota tujuan.

  • Bagikan Status Paket

Fitur ini memudahkan kita berbagi informasi kepada pembeli atau penerima paket. Tinggal kirim link/short url melalui beberapa pilihan aplikasi. Jadi, penerima tinggal klik saja, tanpa harus memasukkan nomor resi secara manual.

  • Lihat Perjalanan Paket

Perjalanan Paket berbentuk tabel yang mudah kita pahami. Data tersebut memperlihatkan detail pergerakan paket dari asal sampai ke tujuan.

Penutup “Cek Resi Mudah Bikin Lacak Paket Tak Lagi Jadi Masalah”

Setiap perubahan pasti mengharuskan kita untuk beradaptasi. Begitu pula dengan gaya berbelanja masa kini yang didominasi perdagangan secara online.

Masifnya pergerakan masyarakat yang berbondong-bondong menuju gaya hidup daring ini, membuat penyedia jasa berlomba-lomba untuk menyediakan berbagai penunjang kenyamanan dalam belanja online.

Adalah cekresi.com yang selama sepuluh tahun terakhir membersamai penjual/pengirim dan pembeli/penerima untuk menciptakan kenyamanan serta meningkatkan keamanan dalam bertransaksi online.

Dengan hanya memasukkan nomor resi dan nama ekspedisi, kita bisa memantau pergerakan paket. Cek resi mudah, bukan? Belanja dari rumah kini tak lagi gelisah.

 

Referensi: cekresi.com

19 komentar untuk “Cek Resi Mudah Bikin Lacak Paket Tak Lagi Jadi Masalah”

  1. Belanja online memang gak selalu mudah ya mbak. Rawan penipuan karena gak tatap muka langsung. Harus semakin hati2 karena sekarang penipunya kadang lebih pinter malah paham IT, huhu. Untungnya ada cek resi ya jadi gak terlalu worry. Masih bisa cek paket secara real time.Baik sebagai penjual atau pembeli.

  2. Web favorit saya nih cekresi.com, kalau ada barang yang saya pesan secara online baik dari sosmed atau e-commerce, pasti cek dulu di sini. Informasi pengirimannya bahkan lebih lengkap dibanding saya cek langsung di web resmi ekspedisinya sendiri.

  3. Saya pernah nih paketnya ga sampai-sampai ternyata salah alamat dan baru terdeteksi setelah saya cek resinya, duh gemes kan ya kalau begini. Untung saja paketnya bisa kembali ke saya walaupun jadi lebih lama karena muter-muter dulu

  4. Iya nih, aku kalau mau cek resi cari sendiri, kadang ada tuh yang kirim wa/sms katanya ada paket tapi ada sedikit masalah jadi aku di suruh buka link buat ngisi data alamat terbaru…penipuan nih, jadi mending cari mandiri aja biar lebih aman,

    1. Kadang nakal² nya kurir nih, resi dan informasi yang disampaikan gak sesuai.

      Jadi biasanya misal mentok hari Sabtu tujuannya antar ke kantor, tahu kan kita baru akan ambil Senin, jadi si resi itu dibuat sudah sampai, tapi padahal barangnya baru diantar Senin nya.

      Praktik begini buat yang orang gak nunggu barang gak permasalahankan bahkan dia juga gak tahu. Tapi kalau yang lagi nunggu itu barang, pas kena hal begini, habis itu kurir.

      Jadi resi ini memang kita harus pantau dan awasi, karena over barang yang diantar membuat si kurir juga kewalahan sebenarnya hanya saja tuntutan lekas sampai akhirnya si kurir nakal jadi main gambling.

      Kembali lagi ini oknum, tapi modus ini hanya cara (-) untuk mengatasi kewalahan mengantar barang.

      Buat konsumen yang easy, ya sudahlah, tapi kalau apes ketemu konsumen yang kritis, habis sudah dia.

  5. Belanja online sekarang jadi primadona, mungkin hampir setiap orang pernah benjol. Hha

    Tapi akibat dari perilaku ini banyak menimbulkan masalah, namun tidak sedikit juga perubahan positif yang terjadi.

    Belanja online tetap harus hati hati pokoknya, udh banyak modus penipuan.

  6. Asyiiikkkkkkkk
    satu lagi sumber informasi perihal dunia paket memaket pesanan agar tidak bingung alias galau. (cekresi.com is saved)

    Terimaksih boskuh sudah mau berbagi
    salam sukses n sehat selalu
    dan teruslah berbagi

    Wahono Secret

  7. Ini salah salah satu web yang selalu tak pakai kalau belanja online. Kadang update informasinya lebih dulu di web ini daripada di e-commerce. Jadi enggak perlu khawatir nanya barangku ada dimana saat e-commnya enggak update. Duduk, pantau, dan terima barang. ❤️

  8. Pernah banget ngirim bilyet deposito, nggak ada kabar dari ekspedisi. Cemas, khawatir, secara surat berharga kan kalo hilang gimana. Akhirnya ngecek pake cekresi ini.

  9. Phai Yunita S Wijaya

    Cek resi emang udah jadi website yang paling sering ku kunjungi deh kalau ada masalah dalam pengiriman paket. Buat lacak paket atau buat mnegetahui siapa yang terima paket. Emang cek resi bikin mudah apalagi dalam pelacakan paket.

  10. belanja online memang bikin deg-degan sampai barang tiba di tangan.
    saya juga sering pakai cekresi.com ini untuk tracking barang belanjaan online, karena lebih simple dan jelas pula. Bisa digunakan untuk berbagai macam kurir juga dong.

  11. Saya pernah mengalami kurir salah kirim barang, mana dokumentasi dari kurirnya ga jelas lagi. Chat Customer service juga lama bgt responya. Sedih emang.

  12. Penting banget nih artikelnya.Belanja online memang punya tantangannya sendiri, tapi so far dengan berjalanya waktu dan sering belanja online jadi mahir dan kekurangan belanja online dapat diantisipasi agar tidak terjadi.

  13. Saya sendiri pengguna cekresi.com, soalnya dengan masukin satu keyword yang sama, bisa cek resi dari berbagai ekspedisi. Bisa cek beberapa resi sekligus lagi, praktis!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top