Tempat Liburan Keluarga di Garut

Beberapa hari lagi musim liburan sekolah tiba. Kalian sudah punya rencana liburan ke mana, Playmates? Untuk kalian yang belum punya, saya rekomendasikan Garut sebagai destinasi liburan semester ini. Banyak tempat liburan keluarga di Garut yang bisa kalian pilih, mulai dari pantai sampai pegunungan.

Beberapa hari yang lalu saya pernah menulis tentang tempat favorit keluarga kami di Garut. Kali ini pun masih di Kota Intan, tetapi versi agak jauhnya dari tempat tinggal. Garut memang bukan kota besar, tetapi fasilitas di sini cukup lengkap.

Sekarang di kota yang terkenal dengan oleh-oleh dodolnya ini sudah berdiri dua mall. Keduanya mulai beroperasi dalam waktu yang bersamaan. Namun, orang kota pastinya sudah bosan dengan hal yang seperti itu dan memilih liburan bertema alam.

Cuaca Garut memang tidak seadem dulu, tetapi panasnya tidak separah Bandung. Bandung kota, ya, bukan Lembang. Itu mah forever cool. Di sini juga ada daerah yang terkenal berhawa dingin, yaitu Cikajang dan sekitarnya.

Sayang sekali, liburan sekolahnya baru Juni sekarang. Nggak kemarin-kemarin gitu pas Kim Go eun ke Garut. Jadinya kan kalian gagal foto bareng, deh. Sebelumnya juga santer Kim Bum diberitakan akan syuting di sini untuk pengambilan gambar sebuah film tentang pahlawan Garut asal Korea. Semoga project-nya benar terlaksana, ya, Playmates.

Kim Go Eun saja pernah ke Garut, masa kalian belum? Liburan kali ini ke sini, ya, saya kasih rekomendasi tempat liburan keluarga di Garut yang kece abis.

Tempat Liburan Keluarga di Garut

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang berlibur ke Garut. Lokasinya tidak jauh dari Bandung dan banyak wisata alam yang layak kalian jajal. Di musim liburan biasanya jalanan padat, usahakan tidak mengambil jadwal Sabtu dan Minggu untuk meminimalisasi kemacetan.

Sebagai warga lokal, saya memilih nanti saja liburannya kalau sudah tidak terlalu ramai. Apalagi kerjaan suami juga fleksibel jadi waktu liburnya bisa diatur. Berbeda dengan para pekerja kantoran yang mau tidak mau liburannya sama dengan orang kebanyakan.

Pantai Selatan Garut

Tempat liburan keluarga di Garut: Pantai Selatan Garut

Kalian kalau ke pantai biasanya hanya di satu tempat, nggak? Garut akan memberikan lebih dari itu. Ada belasan pantai dengan panorama indah yang bisa kalian pilih. Atau bisa juga kalian datangi pantai itu dalam sekali waktu.

Jika terus menyusuri pantai-pantai itu, kalian akan sampai di Pangandaran.
Akhir tahun lalu, keluarga kami mengunjungi tiga pantai, yakni Karang Papak, Santolo, dan Sayang heulang.

Selain itu, ada pula pantai Rancabuaya, Puncak Guha, Cikaso, Citanggeuleuk, Sodonglalay, Karangparanje, Cijeruk Indah, Sancang, Karangtawulan, dan Madasari.

Mayoritas pantai-pantai itu belum terjamah, tetapi kalian harus ekstra waspada karena ombaknya relatif besar. Sepanjang yang saya tahu yang paling ramai itu Santolo, Sayang Heulang dan Rancabuaya. Jika menginginkan tempat yang lebih sepi, kalian bisa pilih pantai yang lain.

Gunung Papandayan

Bagi yang gemar mendaki, tetapi ingin mengajak anggota keluarga yang masih anak-anak, bisa banget langsung meluncur ke Gunung Papandayan. Track pendakian gunung ini tidak terlalu sulit, sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Papandayan ini family friendly. Anak-anak yang tidak kuat mendaki bisa naik ojeg. Di sana juga banyak tempat istirahat dan warung yang menyediakan makanan semacam gorengan dan mi instan.

Di sepanjang jalur pendakian, kita akan disuguhi panorama memesona. Mulai dari Kawah Mas, Hutan Mati, dan Pondok Saladah. Jika beruntung kalian bisa melihat juga bunga Edelweis. Namun, jangan tergoda untuk memetiknya, ya, karena belakangan ini sudah ada larangan untuk itu.

Talaga Bodas

Talaga berarti kawah. Di sana ada kolam pemandian air panas yang bersumber dari kawah alami. Banyak wisatawan yang sengaja ke sana untuk berendam di kolam yang mengandung banyak belerang itu.

Seperti yang kita tahu, belerang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti reumatik dan penyakit kulit. Bau sedikit nggak masalah, ya, Playmates.

Kawahnya sendiri masih terjaga. Pemandangan indah berpadu sempurna dengan udara dingin yang menyerbu. Di sini juga sudah banyak warung, sayang akses jalannya masih belum memadai.

Ngamplang Green Golf

Berikutnya tempat wisata kecintaan barudak botram. Yang mau piknik bersama keluarga bisa mengunjungi Ngamplang di Kecamatan Cilawu. Lapangan luas beralaskan rumput hijau akan menjadi tempat sempurna untuk menyantap bekal makanan bersama keluarga.

Lokasi Ngamplang tidak terlalu jauh dari Garut kota dan akses jalannya pun sudah bagus. Selain itu, tempatnya dekat dari jalan raya. Lapang golf ini juga menjadi tempat favorit pasangan yang hendak foto pre-wedding. Ini benar-benar definisi liburan mudah murah meriah.

Penutup “Tempat Liburan Keluarga di Garut”

Selain yang saya sebutkan di atas, ada juga Situ Bagendit dan Kolam Pemandian Cipanas. Keduanya tidak saya masukkan ke sini karena sudah pernah ditulis di tempat wisata favorit terdekat.

Jadi dengan demikian, Garut itu lengkap, ada pantai, gunung, kawah, dan danau. Dan, masyaallah-nya lagi pantai dan gunungnya tidak hanya satu.

Satu hari tidak akan cukup untuk menjelajahi Garut, tetapi kalian tidak usah khawatir karena ada banyak penginapan bernuansa alam di sini.

Tenang saja tinggal tunjuk mau yang seperti apa dan di daerah mana. Siapkan saja dana yang mencukupi. Sekian rekomendasi dari saya, selamat berburu tempat liburan keluarga di Garut, ya, Playmates.

4 komentar untuk “Tempat Liburan Keluarga di Garut”

  1. Alfia D. Masyitoh

    Wah, kebanyakan wisata alam ya mbak. Jadi kebayang, pasti di Garut sana alamnya masih asri, buktinya banyak yang dijadikan tempat wisata.. Senengnya bisa sambil tadabbur alam gak sih? Tapi kenapa Garut jauuuh 🥲🥲

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top