SIM Keliling Garut Mei 2024

Orang gila mana yang sudah nggak motoran, tetapi masih memperpanjang SIM?

Saya ngacung, deh, di alun-alun. Pada tanggal 13 Mei kemarin saya memutuskan untuk memperpanjang SIM C. Tidak seperti sebelumnya yang memperpanjangnya di Polres, untuk pertama kali saya mencoba memperpanjang Surat Izin Mengemudi melalui SIM Keliling Garut.

Tahun 2013 saya punya motor dan baru saat itulah bisa mengendarainya. Sebelum punya, saya tidak pernah berusaha untuk bisa menungganginya. Karena pola pikir seperti itulah yang akhirnya menghentikan saya mengendarai motor saat kehilangannya.

Hanya dua tahun saja saya punya kesempatan menghabiskan waktu dengan Si Merah. Di suatu pagi, saya mendapati ia hilang dari halaman kontrakan saat kami sekeluarga mengungsi. Kala itu orang tua sedang merenovasi total rumah.

Saya berusaha ikhlas walaupun susah. Motor itu merupakan hasil jerih payah sebagai penghiburan setelah lelah bekerja. Rasanya sungguh tidak adil tiba-tiba saja ada yang mengambilnya begitu saja.

Akan tetapi, qadarullah, semua yang terjadi sudah atas izin Allah. Jangankan motor, ruh yang melekat pada diri saja sejatinya bukan milik kita. Sang Pemilik bisa memintanya kembali kapan saja.

Uniknya, meskipun sudah tidak motoran lagi, saya tetap memperpanjang SIM. Tahun 2024 ini berarti kali kedua saya memperpanjangnya. Untuk yang pertama, saya memperpanjang di kantor Polres, tetapi yang kedua saya ingin mencoba perpanjang SIM melalui SIM Keliling Garut.

SIM Keliling Garut

Suami saya berasal dari Banyuresmi, kecamatan yang terdapat Situ Bagendit di wilayahnya. Untuk sampai ke daerah tersebut, kita memerlukan waktu sekitar 40 menit dari Garut kota.

Sebelum berniat memperpanjang SIM, saya kerap melihat mobil SIM keliling terparkir di pelataran salah satu mini market. Saat niat itu muncul, saya segera mencari tahu kapan pastinya mobil tersebut ada di wilayah Banyuresmi.

Setelah bertanya kepada adik ipar dan mengecek jadwalnya di media sosial, tahulah saya bahwa jadwal SIM keliling di daerah Banyuresmi itu adalah Senin. Saya harus bersegera karena sebentar lagi SIM itu kedaluarsa.

Saya pikir, tidak akan ada antrean seperti halnya di Polres Garut karena setiap melihat mobil SIM keliling, saya tidak pernah melihat adanya kerumunan. Jadi saat itu, saya santai saja, baru berangkat sekitar pukul 09.00.

Ternyata begitu sampai, ada kurang lebih 20 orang yang menunggu. Kebanyakan dari mereka berdiri di teras mini market. Kalau tahu begitu, saya pasti datang lebih awal. Tidak ada tempat khusus untuk menunggu giliran, jadi lebih dari tiga jam saya berdiri.

Kesalahan kedua kali itu adalah saya membawa Si Bungsu. Tentu saja dia minta jajan karena ada minimarket. Dia menangis ingin membeli mainan kesayangan, padahal baru beberapa hari sebelumnya saya membelikannya. Tidak mungkin tidak, otomatis ini menarik perhatian orang-orang yang sedang mengantre. Pegal kaki, pegal hati, ya, Bun.

Kelebihan Memperpanjang SIM via SIM Keliling

SIM keliling Garut Mei 2024

 

Saya memutuskan memperpanjang SIM biarpun sudah sangat lama tidak motoran adalah agar nantinya tidak mengulang. Seperti yang kita tahu, telat sehari saja semua proses ini harus kita ulang dari awal.

Saat pertama kali memeperpanjang SIM lima tahun lalu, saya memperpanjangnya di Polres. Kalau tidak salah biaya administrasinya Rp. 250.000. Nah, berapa biaya perpanjang SIM C di SIM keliling? Untuk yang sekarang biayanya Rp. 350.000. Berikut beberapa kelebihan yang rasakan saat memperpanjang via SIM keliling Garut.

Antrean Tidak Terlalu Panjang

Saat hendak memperpanjang SIM pertama kali di Polres, saya berangkat dari rumah pagi-pagi sekali. Namun, saat sampai di sana, telah banyak orang lain yang menunggu giliran.

Tahun ini waktu memperpanjang via SIM keliling, saya juga tetap mengantre, tetapi antreannya jauh lebih sedikit. Hal ini wajar, mengingat yang datang ke kantor Polres itu berasal dari semua kecamatan di Garut.

Jika kalian sedang diburu-buru waktu, tentunya SIM keliling bisa menjadi pilihan tepat. Jadwal mulai beroperasinya adalah pukul 08.00. kalian bisa mengambil ancang-ancang sekitar pukul 07.00.

Jarak Tidak Terlalu Jauh

Polres Garut menempatkan mobil keliling di kecamatan-kecamatan yang agak jauh dari Garut kota. Tentunya ini sangat membantu orang-orang yang tinggal di daerah pedalaman Garut.

Misalnya dari Malangbong ke Garut kota itu jarak tempuhnya sekitar dua jam. Hampir sama jarak Garut kota ke Bandung. Sudah kayak mau ke luar kota, ya, Playmates. Jadi, adanya mobil SIM keliling di daerah Malangbong sangat bermanfaat bagi warga.

Apalagi bagi warga Garut yang berdomisili di daerah Pameungpeuk, yang jarak tempuh ke kotanya bisa mencapai 4 jam. Mobil SIM keliling ini adalah penyelamat.

Bisa Menghemat Waktu

Pada akhirnya, antrean yang tidak terlalu panjang dan jarak yang tidak terlalu jauh akan membuat kita bisa menghemat waktu. Bagi yang tidak punya waktu banyak, SIM keliling menjadi piliham tepat.

Saat memperpanjang SIM kemarin, saya sempat ngobrol dengan seorang perempuan yang juga hendak memperpanjang. Dia berasal dari Leles. Di Leles juga sebenarnya ada mobil SIM keliling hari kemarinnya (Minggu), tetapi wanita berkaca mata itu kesiangan, sehingga tidak sempat.

Dia membutuhkan SIM itu untuk besoknya (Senin), sehingga tidak bisa menunggu jadwal minggu depan di Leles. Dan, dia lebih memilih mendatangi mobil SIM keliling di kecamatan Banyuresmi demi menghemat waktu. Alih-alih ke kantor Polres yang tentunya akan lebih hanyak memakan waktu.

Jadwal SIM Keliling Garut

Perpanjangan SIM Mei 2024

Polres Garut menyediakan dua mobil SIM keliling. Tiap harinya mobil tersebut memulai jam operasional dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Sebelum memperpanjang, saya terlebih dahulu mencari informasi jadwal mobil keliling tersebut. Berikut jadwalnya untuk tanggal 13 Mei – 19 Mei 2024

Mobil 1

  • Senin: Alfamart Banyuresmi
  • Selasa: Alfamart Cilawu
  • Rabu: Alfamidi Cibatu
  • Kamis: Yomart Cikajang
  • Jumat: Pasar Malangbong
  • Sabtu: Indomart Cibeureum
  • Minggu: Iqro Leles

Mobil 2

  • Senin: Alun-Alun Malangbong
  • Selasa: Alfamidi Limbangan
  • Rabu: Yomart Kadungora
  • Kamis: Indomart Sucinaraja
  • Jumat: Alfamart Cibiuk
  • Sabtu: Yomart Bandrek
  • Minggu: Indomart Jln. Ibrahim Adji

Jadwal di atas dapat berubah sewaktu-sewaktu, tetapi saya perhatikan tidak banyak perubahan dari bulan-bulan sebelumnya. Jikapun ada yang berbeda, itu hanya sedikit saja. Jadi, pastikan kalian mengecek terlebih dahulu jadwal terbaru sebelum berniat mendatangi mobil SIM keliling, ya, Playmates.

Penutup

Alhamdulillah, sebelum SIM kedaluwara, saya telah memperpanjangnya melalui SIM keliling. Berbeda dengan sebelumnya, kini masa berlaku SIM tidak lagi sampai tanggal lahir. Melainkan berdasarkan tanggal saat memperpanjang. Saya memperpanjang tanggal 13 Mei 2024, jadi SIM baru berlaku sampai 13 Mei 2029.

Meskipun harus menunggu giliran sambil berdiri di depan minimarket, tetapi memperpanjang SIM melalui SIM keliling tetap layak dicoba. Usahakan datang lebih awal, ya, agar tidak mengantre terlalu lama.

Apa saja persyaratan SIM Keliling? Yang saya siapkan kala itu hanya SIM asli yang masih berlaku dan tiga lembar foto copy KTP.

Antrean yang tidak terlalu panjang, jarak yang tidak terlalu jauh, dan waktu yang tidak terlalu lama merupakan beberapa keuntungan memperpanjang Surat Izin Mengemudi melalui SIM keliling Garut. Kalau kalian tim memperpanjang SIM di kantor Polres atau melalui SIM keliling, Playmates?

9 komentar untuk “SIM Keliling Garut Mei 2024”

  1. Menarik pengalamannya bergelut meraih SIM. Memang SIM keliling menantang adrenalin, dalam pengalaman saya, karena menuntut ketepatan waktu dan atensi lebih dalam mengantri. Saya jadi ingat mau mengantri SIM lagi Oktober nanti.

  2. Alfia D. Masyitoh

    Ya Allah mbak ikutan sedih pas baca si merah menghilang huhuhu. InsyaAllah nanti diganti sama Allah dengan yang lebih baik ya :”)

    Btw, aku kalo jadi mbak monica juga kayaknya tetep milih perpanjang aja. Karena kalo bikin lagi dari awal lebih ribet deh, jadinya lamaa. Mending ikut sim keliling gini ya, toh prosesnya cepet. Tahun 2022 lalu aku juga perpanjang sim di surabaya dari program sim keliling gini. Emang membantu banget ya mbak, jadi gak harus antri lama2 di polres hehe

  3. seandainya bikin SIM juga bisa semudah itu ya kak, tapi nyatanya bikin SIM susahnya minta ampun (kecuali kalo mau cepet ambil jalan pintas, sih 🤭)

  4. Layanan SIM Keliling memang sangat membantu ya, Kak. Relatif lebih hemat waktu dan urusan lebih ringkas. Namun berdasarkan pengalaman saya, jika perpanjangan SIM dilakukakan ketika SIM sudah lewat masa berlaku, maka tindak lanjutnya adalah mengurus SIM baru ke kantor Polres. Sebaiknya, jangan sampai lewat masa berlaku, deh.

  5. Sesuatu yang diambil atau hilang dari kita, InsyaAllah akan diganti dengan yang lebih baik lagi. Gitu, nggak sih, Kak?
    Seru banget ya kayaknya, denger-denger sih, bisa ngurus SIM secara online juga, yah, dunia sekarang serba online, jadi lebih simple, hihi ….
    Si adek beruntung banget tuh dapet jajanan, bagi dong, hehe ….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top