Resep Camilan Kering untuk Usaha, Simple dan Murah!

Resep Camilan Kering untuk Usaha — Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Playmates. Salam sehat untuk semua, ya. Semenjak lama perdebatan mana yang lebih baik antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga full telah ada, bahkan sampai sekarang terus-terusan menjadi buah bibir.

Yang membuat heboh perbandingan tersebut adalah orang-orang sekitar yang seharusnya tidak ikut campur urusan ini. Kegaduhan mereka hanya membuat para ibu insecure pada keadaan, baik ibu bekerja atau ibu rumah tangga full, keduanya tetap salah di mata para penggunjing.

Saat memilih menjadi ibu bekerja, tidak jarang orang lain menganggap kita ibu egois yang menelantarkan anak. Sebaliknya, saat menjadi ibu rumah tangga, mereka menyematkan title pada kita sebagai beban suami.

Padahal setiap pilihan memiliki konsekuensi. Pilihan apa pun yang seorang ibu ambil pasti telah melewati pertimbangan panjang.

Komentar jahat dari mulut-mulut tidak bertanggung jawab ini tidak jarang membuat para ibu kepikiran, bahkan bisa sampai depresi. Namun, mereka tidak memahami dan tidak peduli akan hal itu. Seolah hidup mereka sudah sempurna saja. Padahal pada kenyataannya, mereka tidak berkontribusi nyata pada hidup para ibu.

Itulah pentingnya menutup telinga atas apa pun pilihan kita. Percayalah, kita tetap bisa menjadi ibu hebat, tanpa harus merasa lebih baik atas pilihan ibu yang lainnya.

Keadaan setiap rumah tangga itu berbeda, jadi tidak ada standar yang bisa dijadikan pengukur mana yang lebih baik antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga full. Perdebatan atas hal itu seharusnya tidak ada dan kita ganti dengan dukungan dan rasa hormat atas keputusan orang lain.

Resep Camilan Kering untuk Usaha

Resep camilan kering untuk usaha

Seorang ibu yang mengambil pilihan untuk mengabdikan seluruh waktunya di rumah saja tentu kebanyakan tidak akan menghasilkan uang, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga menjadi mompreneur yang sukses.

Beberapa waktu lalu, saya membeli seblak di warung yang tak jauh dari rumah. Di sana berjejer macam-macam kerupuk mentah dan berbagai topping, lalu ada sesuatu yang menarik perhatian.

Saya tertarik pada siomai kering mini, si camilan kering tahan lama. Tiba-tiba saja ide resep cemilan kering gurih melintas di benak. Cemilan kering kekinian untuk dijual ini tidak terlalu ribet buat emak yang mageran, tetapi ingin punya penghasilan tambahan. Berikut rincian resep siomay kering untuk usaha tersebut.

Nama

Siomai kering mini aneka rasa

Pilihan Rasa

Pedas, Keju, dan Barbeque

Modal

– Siomay kering mini 1 bal (berat 5 kg)= Rp. 95.000
– Plastik kecil 2 bungkus, masing-masing bungkus isi 100 pcs = Rp. 10.000 x 2 = Rp. 20.000
– Bumbu bubuk rasa 250 g = Rp. 20.000 x 3 = Rp. 60.000
Total = Rp. 175.000

Estimasi Laba

1 bal siomai kering atau aneka cemilan kering lainnya bisa menjadi sekitar 125 bungkus kecil. Tiap bungkus dijual Rp. 2000. Jadi laba kotornya 125 x 2000 = Rp. 250.000 kemudian kurangi modal Rp. 175.000, sehingga laba bersih yang kita dapat adalah Rp. 75.000 plus sisa bumbu dan plastik.

Penutup “Resep Camilan Kering untuk Usaha”

Aneka resep camilan kering untuk usaha

Cukup menggiurkan, ya, Mak? Namun, ini masih berupa ide. Untuk emak-emak yang tertarik bisa langsung praktik dan menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Poin penting dari ide ini adalah mengemas ulang sesuatu yang telah ada lalu menambahkan sesuatu agar berbeda, dengan kata lain camilan kering yang mudah dibuat.

Untuk pengimplementasiannya bisa Emak kreasikan. Misal, siomai kering mininya diganti dengan makaroni atau pangsit. Kemudian, bumbunya di ganti dengan bumbu seaweed dan balado. Atau Emak punya ide jualan makanan kering tahan lama lainnya?

Kalau ingin memakai bumbu yang lebih personal, kita bisa membuat sendiri, tetapi tentunya akan membutuhkan usaha dan waktu yang lebih. Semua dikembalikan lagi pada kesiapan dan kesedian emak sekalian. Demikian resep siomay kering untuk usaha dari saya. Semoga bermanfaat.

 

Pict of Siomai Kering Mini belongs to Shopee

36 komentar untuk “Resep Camilan Kering untuk Usaha, Simple dan Murah!”

  1. Memang gak pernah habis ya mba perdebatan ibu bekerja dan ibu rumah tangga, ibu rumah tangga full pun bisa bekerja dari rumah sambil mencari penghasilan tambahan ya kan, tergantung kemauan aja sih ya

  2. Lumayan tuh kalau bisa cuan dari bikin camilan. Biasanya bulan Ramadan gini momennya jualan.

    Mau jadi ibu pekerja atau ibu rumah tangga sama-sama baiknya. Masalah pilihan saja dengan pertimbangan masing-masing. Mending saling support satu sama lain biar bisa sama-sama maju.

    Kalau masih ada yang nyinyir suruh beli camilan ini saja. Hihihi.

  3. Biarinlah mereka mau bicara apa, yang penting jalani hidup sebaik-baiknya. Komentar orang kalo membangun ya dipertimbangkan, kalo ngga cocok buat kita ya abaikan. No ribet-ribet deh

  4. Kalau kita kreatif, banyak bisnis yang bisa dilakukan, bahkan dari rumah saja, ya. Termasuk bisnis camilan kering, sepertinya lumayan menjanjikan, apalagi dunia kuliner memang ga ada matinya, ya

  5. Duh ini msh camilan faborit pisan. Siomay kering yg rasanya gurih plus csmpur pedas pling enak bngt. Ibu2 itu MMG harus kreatuf yaa, biar bisa menghasilkan. Bae apa pun bentuk kreatifitasnya yg penting bisa menghibur diri, biar tetap sehat dan ngurus kekuarga dngn baik. Masalah pendapat orang? Anggao aja pemacu JD orang yg lebih baik…tengkiw resepnya…

  6. Kayaknya mau jadi apapun kita, komentar orang nggak bisa dihindarkan ya haha. Aku sihlebih memilih menutup telinga daripada baper mikir komentar orang. Eh boleh juga lho ide usaha siomay kering ini. boleh dicoba.

  7. Pingback: Snack BonCabe Makaroni Krispi: Camilan Pedas Favorit Keluarga - Monica Rasmona

  8. Sekecil apapun usaha/jualan kita selama itu halal aku sih jalankan semua 😀
    Apalagi pas lagi laris manis jualannya, semangat buat jualan tuh makin mengebu-ngebu

  9. betul, saya pun pernah merasakan bahkan meskipun saya pernah sarjana karena saat ini full menjadi ibu rumah tangga banyak yang menyepelekan apalagi dari orang terdekar, hihi tapi sedang berproses untuk menelan dan berusaha menjadi yang terbaik versi saya

    wah idenya pas itu mba, apalagi pas ramadhan kemarin cocok buat ide takjil juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top