Lirik Lagu Friends BTS dan Terjemahannya

Saya sama sekali tidak menyangka ternyata pada akhirnya akan menyukai boygroup asal Korea Selatan, BTS. Sungguh tak terduga lagu-lagunya bisa saya nikmati, terutama lirik lagu Friends BTS dan terjemahannya.

Banyak hal yang terjadi selama pandemi Covid 2019. Di Indonesia dampaknya mulai terasa 2020, mulai tahun itulah semua terasa berbeda karena kita harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang sama sekali tidak kita prediksi.

Pandemi memaksa kita meminimalisasi kontak dengan sekitar, sehingga kehidupan terbatas hanya di rumah. Kita keluar untuk hal-hal mendesak saja, seperti berobat.

Saat di titik sekarang, terkadang saya takjub sendiri ternyata kita bisa melewati kurang lebih dua tahun yang mencekam itu. Waktu terasa lambat berjalan, sehingga kita kerap merasa bosan. Namun, pandemi pun berlalu dengan meninggalkan kenangan-kenangan seru.

Cintaku pada BTS Bersemi Saat Pandemi

BTS: Bangtan Sonyeondan

Sebelum pandemi, saya memang sudah jadi orang rumahan. Namun, kalau benar-benar ada larangan untuk keluar rumah, ya, tetap membuat mati gaya. Saat ingin melepas penat dengan jalan-jalan ke minimarket, kita harus mencari alternatif kesenangan yang bisa didapatkan dari rumah saja.

Bagaimana caranya? Tentu internet jawabannya. Orang kantoran dan anak sekolahan memboyong tugas ke rumah. Hampir semua kelas, pelatihan, dan pertemuan kita lakukan secara daring.

Maka dari itu, tidak mengherankan saya mendadak jadi penulis saat pandemi. Banyak pihak yang gencar mempromosikan kelas sehingga saya pun noticed dengan sebuah kelas menulis online.

Selain mencari ilmu, saya pun lebih sering scrolling media sosial, terutama aplikasi nge-hits asal China itu. Tentu saya tidak mengikuti berbagai tren dance yang ada, tetapi entah mengapa konten tentang BTS hadir di FYP.

Saya tidak pernah mencari tahu apa pun tentang BTS karena memang tidak terlalu gandrung dengan Korean Wave. Namun, jika harus memilih, dahulu saya lebih suka drama Korea daripada K-Pop.

K-Pop sempat akrab di telinga saat zaman Super Junior. Wah, ketahuan angkatan berapa, nih. Setelah itu, saya benar-benar gelap tentang dunia hiburan Negeri Ginseng tersebut hingga kemudian tujuh bujang itu memesona saya.

Saya menyadari eksistensi BTS setelah mereka menjelma menjadi boygroup paling besar dalam sejarah Korea. Bukan lagu mereka yang awalnya membuat saya tertarik, melainkan perilaku yang seringnya agak lain dan menghibur. Konten-konten lucu di media sosial itu akhirnya membawa saya semakin dalam pada dunia mereka.

Dari konten, saya jadi tertarik juga pada lagu-lagu BTS. Selain musiknya asik, setelah ditelisik liriknya pun ciamik. Tidak seperti mayoritas lirik lagu K-Pop lainnya, mereka lebih menyuarakan hal-hal positif, terutama self love dan persahabatan.

Salah satu lagu favoritku adalah Friends. Seperti yang tergambar dalam judulnya, lirik lagu Friends BTS dan terjemahannya memiliki makna yang mendalam tentang persahabatan. Lagu ini dibawakan oleh V dan Jimin. Dua member BTS yang terkenal sebagai soulmates.

Lirik Lagu Friends BTS dan Terjemahannya

Lirik Friends BTS 1

Lirik Friends BTS 2

Lirik Friends BTS 3

Tidak semua member BTS menyanyikan lagu “Friends”, hanya V dan Jimin. Saya setuju dengan hal itu karena VMin sangat mewakilkan persahabatan yang tulus. Mereka seumuran, jadi tidak mengherankan hubungannya lebih casual.

Kebudayaan senioritas di Korea itu sangat kental. Beda umur satu tahun saja harus hormat. Dari cara bicara, bahasa, dan sikap tidak boleh sembarangan. Sehingga, V dan Jimin yang sama-sama kelahiran tahun 1995 ini langsung akrab semenjak mereka masih trainee.

V yang random dan Jimin yang soft menjadi kombinasi manis yang saling melengkapi. Di saat V sedih, Jimin selalu siap untuk memeluknya. Begitu pun V, dengan ketengilannya selalu bisa membuat Jimin literally ngakak guling-guling.

Hubungan Tata dan Chimmy tidak selalu mulus. Seperti kebanyakan persahabatan lainnya, pasti pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan. Ada satu cerita yang beredar bahwa mereka pernah berantem gara-gara makanan.

Saat itu BTS sedang latihan, V merasa lapar sehingga ingin makan duluan. Jimin melarangnya, katanya itu tidak sopan. Apalagi banyak member yang lebih tua dari mereka, kan. Nanti saja makannya setelah beres latihan. Namun, V ngotot. Akhirnya mereka tidak bertegur sapa.

Hal yang demikian itu wajar dalam hubungan pertemanan, justru kalau kita bisa menyelesaikannya dengan baik, hubungan pun akan semakin solid. Kita bisa lebih mengerti arti sahabat. Kayak judul sinetron zaman dulu, ya.

English Translation

Lirik Friends BTS dalam bahasa Inggris 1

Lirik Friends BTS dalam bahasa Inggris 2

Lirik Friends BTS dalam bahasa Inggris 3

English Translation

Sudah baca versi terjemahan lagu “Friends” ini, Playmates? Semakin menguatkan keyakinan bahwa lagu itu memang bercerita tentang Taehyung dan Jimin, ya. Mereka memang bersekolah di sekolah yang sama dan insiden makanan yang terjadi di antara mereka itu adalah “dumpling“.

Lucu banget pas part Jimin manggil Taehyung sebagai alien. Memang kelakuannya di luar nalar, maka jangan heran karakter BT21 milik pemuda asal Daegu tersebut bernama Tata, yang merupakan alien berkepala bentuk hati.

Army pun kerap menjuluki mereka sebagai soulmates. Itu berdasarkan lirik lagu ini juga. Mereka bersama untuk waktu yang lama, sehingga sudah seperti saudara sendiri. Siapa yang iri dengan persahabatan mereka, nih?

Penutup “Lirik Lagu Friends BTS dan Terjemahannya”

Waktu memang tidak menentukan seberapa dalam hubungan kita dengan seseorang, tetapi waktu bisa menjadi salah satu indikator kekuatan hubungan tersebut. Seperti halnya V dan Jimin yang bersama dalam waktu yang lama.

Semenjak 2010 mereka menjadi trainee, lalu pada tahun 2013 debut sebagai member BTS. Mereka tinggal bersama dan sekolah bersama. Kebayang kan selengket apa Tata dan Chimmy itu? Ditambah mereka sama-sama line 95.

Masa susah di awal karier juga menjadi penambah kelekatan hubungan. Tidak seperti kebanyakan idol lain yang hidup nyaman, BTS harus berjuang dari keprihatinan. Tempat tinggal sempit, makanan tidak memadai, dan uang yang terbatas. Namun, mereka bisa membuktikan pada dunia bahwa kesuksesan itu merupakan hak setiap orang yang berusaha.

Tahun 2018 menjadi titik balik, BTS mulai memenangkan penghargaan dan hingga kini bintang mereka masih menjadi yang paling terang. Lirik lagu Friends BTS dan terjemahannya ini mengingatkan kita bahwa bersama sahabat kita bisa berjuang dan sukses bersama.