Cara Merawat Ban Motor Agar Performa Terjaga

Terkadang saat keinginan terpenuhi, hasrat kita terhadap hal itu pun perlahan memudar. Padahal memiliki sesuatu berarti memiliki pula tanggung jawab untuk merawatnya. Seperti halnya kendaraan bermotor, salah satunya kita harus tahu cara merawat ban motor agar performa terjaga.

Kendaraan memberikan kita banyak manfaat, salah satunya menunjang mobilitas yang tinggi. Tidak terkecuali untuk ibu rumah tangga. Nggak percaya? Apakah kalian tidak pernah memperhatikan ibu rumah tangga yang kerap antar jemput anak?

Setiap hari bulak-balik ke sana kemari. Apalagi kalau anaknya lebih dari satu dan sekolah di tempat berbeda. Ditambah lagi anak-anak terkadang punya kegiatan lain di sore hari. Misalnya les renang atau mengaji. Sudah lah, ya, tiap hari kayak setrikaan.

Kelemahan kaum hawa dalam berkendara adalah dari segi perawatan. Benar, nggak, nih, Playmates? Memang tidak semua, tetapi kebanyakan mengganggap yang penting asal kendaraan bisa jalan saja.

Bahkan, hal ini sering menjadi olok-olokan kamu adam. Lihat saja di media sosial mereka menertawakan komentar seorang gadis yang mempertanyakan kenapa harus rajin ganti oli. Bikin boros saja. “Be smart, Girl!” ucapnya dengan percaya diri.

Tak pelak hal ini memancing gelak tawa para lelaki. Kesel juga lihatnya, tetapi, ya, masa nggak tahu pentingnya ganti oli secara berkala. Sepintas memang seperti buang-buang uang secara rutin. Namun, itu lebih baik daripada tiba-tiba kendaraan rusak parah dan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Berapa Kali Ban Motor Harus Diganti?

Berapa kali ban motor harus diganti?

Selain oli, ban motor juga harus kita perhatikan. Berbeda dengan oli yang tersimpan di bagian dalam, ban motor bisa kita lihat jelas penampakannya. Sehingga, kita lebih mudah menganalisis kondisinya.

Lantas berapa kali ban motor harus kita ganti? Tidak aturan saklek, ya, Playmates, karena durasi dan cara kita menggunakan kendaraan juga berbeda-beda. Namun, ada beberapa indikasi yang bisa menjadi petunjuk kapan kita harus mengganti ban. Berikut beberapa tandanya.

Usia Penggunaan Ban

Usia tidak bisa berbohong. Performa suatu produk akan menurun seiring bergulirnya waktu. Perawatan telatenlah yang bisa memperpanjang umurnya. Namun, meskipun tampilan luar masih oke, saat ban sudah berumur, kita tetap harus mempertimbangkan untuk menggantinya.

Ini karena semakin tua umur karet, semakin ia kehilangan elastisitasnya. Lambat laun ban akan mengeras atau justru rapuh. Segera ganti kalau ia sudah terlalu lama menemanimu, ya, Playmates.

Muncul Retakan atau Robekan

Ketika kalian menemukan retakan atau robekan pada ban, segera ganti, ya. Jangan pernah berpikir untuk mempertahankannya. Sekali ia retak atau robek, berarti struktur bagian dalamnya telah mengalami kerusakan yang serius.

Kalau tetap kalian pertahankan, itu bisa mengancam keselamatan berkendara. Kendaraan menjadi tidak stabil dan mengakibatkan risiko kecelakaan meningkat.

Bentuk Ban Tidak Rata

Sama halnya seperti retakan dan robekan pada ban, bentuk yang tidak rata pun bisa memengaruhi stabilitas kendaraan. Jadi sebaiknya segera ganti, ya. Bentuk yang tidak rata ini menandakan adanya kerusakan struktural pada ban.

Ban Tidak Seimbang

Kalau kalian sedang melajukan motor dan ia malah bergetar tidak seimbang, harus peka, ya! Itu tandanya ia punya masalah. Segera periksa dan kalau perlu ganti ban dengan yang baru. Ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan keras dan panasnya aspal, jadi kalian jangan sampai menyepelekan keluhannya.

Cara Merawat Ban Motor

Cara merawat motor agar performa terjaga

Agar ban motor bisa lebih lama  digunakan tentu ada perawatan-perawatan rutin yang harus kita lakukan. Berikut beberapa cara merawat ban motor agar performanya tetap terjaga.

Ukuran Ban Sesuai Standar

Bagi pencinta kendaraan modif pastinya ingin memiliki kendaraan yang berbeda dari versi aslinya. Itu memang unik, tetapi di sisi lain kita pun tidak boleh abai pada keselamatan dan keawetan kendaraan.

Ban motor menjadi salah satu komponen yang kerap menjadi sasaran modifikasi. Tidak ada larangan akan hal itu, tetapi pastikan ukuran bannya sesuai standar pabrikan.

Pihak pabrik tentunya sudah melakukan rangkaian uji coba terhadap produk mereka. Tidak ada yang menjamin semua akan baik-baik saja jika kita terlalu banyak melakukan modifikasi yang tidak sesuai standar mereka.

Ban yang tidak sesuai belum teruji keamanannya. Selain itu keawetannya pun masih menjadi tanda tanya. Jadi pastikan semua sudah sesuai prosedur dan standar, ya, Playmates.

Rajin Mencuci Motor

Seperti halnya badan kita yang harus senantiasa bersih, kendaraan pun demikian. Saat mencuci motor, ban kerap menjadi bagian yang terlupa. Ada suatu pemikiran bahwa nanti juga ban tersebut akan kotor lagi, jadi tidak perlu terlalu bersih.

Pada kenyataannya, kotoran dan debu pada ban bisa masuk ke sela-sela dan membuatnya cepat rusak. Cucilah motor dengan rutin, jangan biarkan ada kotoran yang menempel pada ban.

Cara Merawat Ban Motor; Gunakan Sesuai Kapasitasnya

Di pedalaman, kerap kita melihat sepeda motor yang orang-orang pakai untuk menunjang pekerjaan yang lumayan berat. Misalnya mengangkut hasil kebun, kayu, dan sebagainya. Hal ini bisa mengakibatkan motor cepat rusak, terutama ban karena menanggung beban yang melebihi kapasitas.

Agar ban motor kita awet, pastikan ia tidak bekerja melebihi tenaganya, ya. Sayangi tunggangan kita, maka ia pun akan bersama kita dalam waktu yang cukup lama tanpa banyak tantrum.

Hindari Membiarkan Motor Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari Langsung

Siapa di sini yang suka sembarangan memarkirkan kendaraan, nih? Mulai sekarang harus lebih aware lagi, ya. Memastikan motor berada di tempat teduh merupakan cara merawat ban motor yang sederhana.

Kalaupun terpaksa meninggalkannya di bawah matahari terik, jangan biarkan itu berlangsung terlalu lama. Agar ban motormu tidak cepat keras kemudian retak.

Jangan Rem Mendadak

Kebayang nggak apa yang terjadi dengan ban saat kita mengerem mendadak? Ya, gesekan ban dan aspal menjadi lebih kuat. Akibatnya ban cepat botak. Oleh karena itu, jangan membiasakan pengereman mendadak, sewajarnya saja.

Harga Ban di Planet Ban

Harga ban di Planet Ban

Beberapa saat lalu suami mengajak keluar rumah untuk ganti ban. Namanya emak-emak yang seharian di rumah, ya, senang-senang saja. Tadinya saya pikir dia akan mengajak ke bengkel biasa, ternyata dia menuju Planet Ban.

Dari penglihatan saya, para mekaniknya itu profesional dan sat set sat set. Alat-alatnya pun canggih, tidak seperti bengkel yang biasa saya lihat.

Pertama-tama suami berkonsultasi untuk memilih ban mana yang sesuai dengan kendaraan. Setelah itu tinggal membayar dan menunggu saja. Karena motor suami tidak terlalu muda, jadi harga bannya pun tidak terlalu mahal. Kalau tidak salah ada di kisaran harga Rp. 250.000.

Saya tidak tahu persis apa merk ban yang suami pilih. Namun, ternyata Planet Ban menyediakan banyak merk ban, sehingga kita pun punya banyak pilihan. Ada sekitar 15 merk yang tersedia, di antaranya Michelin Ban.

Kalian tidak perlu khawatir akan sulit menemukan lokasi Planet Ban karena kini cabangnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Di kota saya saja yang bukan kota besar tidak susah untuk menemukannya.

Penutup “Cara Merawat Ban Motor”

Memilih ban berkualitas bisa menjadi langkah awal untuk memiliki ban yang awet. Kalian bisa memilih berbagai merk ban yang tersedia di Planet Ban. Namun, sebagus apa pun merk yang kalian beli kalau tidak dirawat, ya, akan cepat rusak juga.

Perawatan rutin yang bisa kita lakukan tidak berat, kok. Yang berat itu rindu. Eh salah! Berat itu kalau kita tidak membiasakan merawat kendaraan, lalu tiba-tiba ada kerusakan fatal yang membutuhkan biaya banyak.

Cara merawat ban motor agar performa terjaga bisa kita mulai dari memilih ukuran ban sesuai standar, rajin mencuci motor, menggunakan kendaraan sesuai kapasitasnya, hindari memarkir motor di tempat yang terik, dan jangan biasakan mengerem mendadak. Nah, itu dia tips n trick dari saya untuk kali ini. Semoga bermanfaat, ya, Playmates.

40 komentar untuk “Cara Merawat Ban Motor Agar Performa Terjaga”

  1. Benar banget nih, ban motor ini kalau sudah tidak bagus harus segera diganti. Hal ini penting banget untuk menjaga keselamatan. Dan planet ban ini memang bengkel andalan banget buat servis motor. Layanan bagus dan mekaniknya profesional

  2. Kalau sepeda motor sering digunakana bepergian misalnya kita berprofesi sebagai sales dan kurir, maka sebaiknya setiap beberapa bulan sekali harus dilakukan pengecekan ya mbak. Emang kita harus jeli mengecek ban agar tak sering bocor

  3. Beberapa waktu lalu sering banget tambal ban tapi perasaan kondisi bannya tampak masih Ok. Ternyata usia ban nya sudah lama, jadi walau nampak baik di permukaan, dalamnya sudah tidak bagus. Ternyata usia penggunaan ban pun harus di perhatikan, ya

  4. Wah lengkap sekali tulisannya mba.. Penting banget ini merawat ban motor yg jadi andalan saya untuk antar jemput anak.. Baca artikel ini jadi mudah juga untuk saya agar lebih teliti cek ban motor sebelum dipakai..

  5. Waduh aku nih udah lama banget ga cuci motor. Rasanya males kalo habis dicuci itu kadang suka hujan kan jadi aja kotor lagi. Tapi kalo isi angin ban sebisa mungkin aku usahakan

  6. Bener banget nih, perempuan rata2 kurang lihai dalam merawat motor ya. Seperti ganti ban, yang memang harus diganti kalau sudah menunjukkan tanda2 gak bener. Pernah mengalami soalnya, ban motor konde dan berjalan pun jadi tak seimbang

  7. Tips yang diberikan benar-benar mencerahkan. Saya sendiri lebih suka untuk parkir motor di tempat yang adem, terutama yang lantainya atau pijakannya gak terlalu panas. Rem mendadak memang akan membuat ban perlahan akan aus

  8. Biasanya para ibu sering mengabaikan masalah perawatan motor (termasuk merawat ban) maunya tinggal naik aja. Setelah baca artikel ini, saya akan lebih hati-hati dan teliti merawat motor sehingga lebih aman dan nyaman untuk berkendara. Terima kasih sharingnya mbak.

  9. Kalau ban wajib banget diperhatiin, karena ini salah satu indikasi wajib keamanan berkendara. Aku pernah mengalami slip dijalan licin gegara ban botak. Dan itu bikin sport jantung deh. Sejak itu aku selalu perhatiin kondisi ban motor aku. Takut kejadian ban slip terulang lagi.

  10. Bener banget nih, aku juga taunya asal motor jalan aja, Kurang bergitu memperhatikan tentang perawatan motor. termasuk kapan waktu yang tepat ganti ban. pernah ban motorku pecah tiba-tiba dijalan. Untung posisinya dekat dengan bengkel planet ban…hehe… Langsung deh ganti ban.

  11. aku baru tahu kalau salah satu kunci merawat ban motor tetap terjaga itu salah satunya dengan rajin mencuci motor..Waduh, jadi koreksi diri karena jarang nyuci motor, hhhe..So far, aku jadi tahu merek ban yang bagus buat motor itu gimana

  12. Ban motor bagian yang ga boleh ga diperhayikan. Pokok kudi dapat perhatian penuh. Jangan sampai tekanan kurang dan tekanan lebih. Karena akan bisa membahagakan saat digunakan.

  13. Sudah lama tidak baik kendaraan, hampir 8 tahun, klo dulu sich jarang banget memperhatikan ban,, klo belum semulus jalan tol nggak akan di ganti, tapi sepanjang perjalanan aq pasti liat jasa ganti ban dari planet ban. Sepertinya memang recomended ganti ban di planet ban

  14. Alfia D. Masyitoh

    Kok relate sih wkwkwk. Aku banget ini, cuma tahu berkendara, tapi nggak ngerti perawatan haha. Tapi kalo nyuciin motor masih rajin lah, bawa ke tempat cuci motor, kalo nyuci sendiri udah gedean rasa malesnya *ups. Tapi emang Planet Ban ini tempat terbaik kalo mau beli ban motor ya mbak, lengkap, pilihan banyak, dan bebas konsultasi. Aku dulu kalo beli ban juga di Planet Ban. Nggak ribet langsung to the point nemu gitu yg paling pas buat motorku.

  15. Sebagai emak-emak biasanya taunya hanya naikkin saja, termasuk saya hehe…. Padahal seharusnya tahu juga bagaimana cara merawat motor. Termasuk juga cara mengetahui ban motor masih bagus atau harus diganti. Soalnya hal ini penting banget buat keselamatan berkendara.

  16. Hihihi bener banget emak-emak (termasuk saya) kurang memperhatikan, perawatan motor yang penting bisa jalan saja. Apalagi memperhatikan kondisi ban, kadang ban kurang angin saja saya enggak nyadar

  17. Detail banget penjelasannya ,jdi tau gimana cara merawat dn memperhatikan ban motor.
    Biasanya aku pasrahin ke bapak sih hehe. Ternyata emang harus diperhatikan gtu. Planet ban emang bagus sih kualitas produknya, ibaratnya ada harga ada kualltas ya.

  18. Setuju!
    Walaupun aku ngga bisa pakai motor, tapi menurutku perempuan wajib sedikit² paham perawatan motor kaya ganti oli atau persoalan ban. Mana tahu di tengah jalan motornya ngambekkan, jadi paniknya bisa berkurang karena udah paham sedikit soal motor😅

  19. Kadang malah lupa mikirin si ban, seringnya servis mesin aja. Bener juga ya, klo ban udah mulai menipis, tentunya bakalan bahaya. Cara merawat ban juga perlu diperhatikan agar umur ban bisa maksimal dalam penggunaan.

  20. Aduh saya jadi malu secara saya nih paling malas kalo cuci motor. Hehe …
    Kemarin saja saya juga baru aja ganti motor, harganya sekitar 200 dengan pasang (jasa pemakaian)
    Segitu terjangkau jadinya ya kalau di Planet Ban kisaran 250 an

  21. ya ampun pas banget baca tulisan ini kebetulan beberapa hari yang lalu motor suami ban nya bocor, katanya udah beberapa kali bocor, kayaknya perlu ganti yang baru, apa ke planet ban aja ya… biar jelas kualitasnya

  22. Pastinya kalau sering pakai maka harus rutin periksakan
    Jangan sampai sudah membandel baru cek
    Biayanya juga pasti mahal

  23. Hihi, perawatan motor di Planet Ban jadi gak terasa berat yaa..
    Karena terbantu banget dengan teknisi handal dan juga transparansi biaya yang memudahkan kita untuk menentukan jenis perawatan yang akan dilakukan.

  24. Kalau aku, biasanya pilih ban tubeles agar saat dia kena paku-pun masih bisa jalan mba. Dan di Planet Ban banyak banget variasi merk ban serta pemasangannya pun sat set.

  25. Nah jadi pengingat nih buat saya soalnya taunya pakai motor saja tapi kurang bisa merawat terutama ban motor nya hehehe

  26. Bicara kualitas ban jawabannya pasti Michelin. Kualitasnya sudah terbukti, dan produknya bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana. Salah satunya di Planet Ban. Lalu, yang bikin jatuh cinta sama Michelin tentu kualitas dan inovasi teknologi dalam setiap produknya yang bikin berkendara makin asik, seru, dan aman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top