Harga Novel Supernova Dee Lestari

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sehat untuk semua, ya, Playmates. Kalian sudah baca Supernova belum? Itu ,loh, novel fenomenal karya Dee Lestari. Kira-kira berapa harga novel Supernova. Ada yang tahu?

Awalnya publik mengenal sosok Dewi Lestari sebagai penyanyi yang tergabung dalam RSD, tetapi Supernova mengantarkannya menjadi penulis papan atas nasional. Tentu itu bukan hal yang tiba-tiba, ada proses panjang dan memang rezekinya sebagai penyanyi yang terlebih dahulu sampai.

Di antara penulis favorit yang karya-karyanya kerap saya baca, tulisan Dee ini memang yang paling rapi EYD-nya, paling indah diksinya, dan paling dalam risetnya. Namun, menurut saya ada beberapa bagian dalam novel Dee Lestari yang terlalu berani untuk ukuran orang yang agamis. Kalau dari kacamata kebanyakan orang tampaknya masih terbilang aman.

Kalau tidak salah ingat saya sudah membaca semua karya fiksi kakak dari Arina Mocca ini. Karyanya meliputi novel dan antologi cerpen. Untuk novel ada yang stand alone dan ada serial. Yang termasuk serial ada dua yakni, Rapijali dan Supernova.

Saya yakin pasti banyak yang penasaran perihal harga novel Supernova. Serial ini terdiri dari enam buku, wah dana yang harus kita persiapkan pastinya lumayan juga, ya, jika ingin mengoleksi masterpiece kebanggaan Indonesia ini.

Novel Supernova Menceritakan Tentang Apa?

Dari apa yang saya pahami, Supernova ini bergenre fantasi yang berbalut sains dan simbol-simbol agama. Setiap buku menceritakan tokoh berbeda hingga kemudian semua tokoh itu berkumpul di buku terakhir.

Saya tidak tahu persis apakah sejak awal Dee berniat membuat serial seperti ini karena di seri pertama belum terdeteksi hal-hal supernatural. Buat kalian yang belum membaca Supernova, saya kasih sedikit bocorannya, ya.

Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh

Harga Novel Supernova 1: Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh

Dimas dan Reuben, sepasang kekasih itu berkolaborasi dalam membuat sebuah karya. Mereka menulis roman cinta terlarang antara Kesatria dan Putri. Entah bagaimana, di kehidupan nyata, mereka menemukan dua sosok ciptaan itu menjelma menjadi Ferre dan Rana.

Rana telah memiliki suami, tetapi dia merasa hatinya malah tertaut pada Ferre. Hal yang sah terasa salah, sebaliknya, dosa itu tampak seperti cinta. Sang Putri gamang dalam menguraikan benang kusut dalam hidupnya.

Untuk menambah kusut benang kusut itu, Dimas dan Reuben memuculkan tokoh Bintang Jatuh. Lagi-lagi, di dunia nyata sosok itu memiliki raga bernama Diva, seorang model yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai pelacur kelas atas. Dan, perempuan itu mempunyai keterkaitan dengan seorang laki-laki bernama Gio.

Kalian akan terkejut dengan keputusan yang akhirnya Rana ambil. Apa itu? Baca langsung novelnya saja atau kalian bisa juga tonton versi filmya yang dibintangi Herjunot Ali, Raline Shah, dan Fedi Nuril.

Akar

Supernova 2: Akar

Hanya seri Supernova pertama yang baru Dee alihwahanakan menjadi sebuah film. Yang lainnya belum ada kabar lebih lanjut, padahal saya sangat menantikannya.

Kabar hilangnya Diva dalam sebuah ekspedisi sungai di pedalaman Amazon menjadi pembuka di buku kedua ini. Dan, Giolah yang menerima kabar tersebut. Namun, selanjutnya cerita ini berpusat pada Bodhi.

Bodhi merupakan yatim piatu yang mengahabiskan masa kecil dan remajanya nya di Wihara di daerah Surabaya bersama Guru Liong. Sejak usia 6 tahun, dia mulai merasakan panca indranya menangkap apa yang tidak orang kebanyakan tangkap.

Bukan hanya bisa melihat bakteri, lelaki itu bisa melihat berbagai makhluk halus. Lebih jauh lagi, Bodhi bisa benar-benar merasakan menjadi orang atau binatang yang bertatapan dengannya. Dia pun bisa keluar dari tubuhnya sendiri. Awalnya dia ketakutan, tetapi lama kelamaan mulai terbiasa.

Di usia 18 tahun, Bodhi memutuskan meninggalkan Wihara dan bertualang ke negara-negara Asia Tenggara. Setelah itu, dia kembali ke Indonesia dengan membawa skill menato yang ia dapatkan dari seorang pria eksentrik bernama Kell.

Skill-nya tersebut kemudian menjadikannya anggota komunitas punk bersama Bong dengan perannya sebagai seniman tato.

Petir

Harga Novel Supernova Tiga: Petir

Cerita bermula tentang Dimas dan Reuben yang mengalami kebingungan di dua belas tahun hubungan mereka. Di tengah kekalutan, Dimas tiba-tiba menerima surel dari orang yang mengaku bernama Gio. Dia memberitahu tentang hilangnya Diva di Amazon.

Selebihnya, cerita berpusat pada Elektra, seorang gadis China yang nyunda. Etra mempunyai seorang kakak bernama Watti dan ayah yang biasa mereka panggil Dedi. Dedi adalah seorang ahli elektronik dan dia bersahabat karib dengan listrik.

Hal tersebut tampaknya menurun pada Elektra. Sejak dia tersetrum pada usia enam tahun, gadis itu menjadi suka pada petir dan hal-hal yang berbau listrik.

Beberapa tahun kemudian, Dedi meninggal dunia dan Watti ikut suaminya pindah ke Papua. Sejak itu, Elektra tinggal sendiri di rumah. Usaha ayahnya tidak ada meneruskan karena tidak ada yang berminat dalam bidang reparasi.

Dalam perjalanannya, Etra berkenalan dengan seorang lelaki bernama Mpret. Mereka melakukan kerjasama. Di rumah peninggalan Dedi, Elektra membuka klinik, sedangkan Mpret membuka warnet.

Klinik apa? Gadis itu menyadari dirinya mempunyai kekuatan listrik yang bisa menyembuhkan. Dia bisa mengobati rematik dengan kekuatannya.

Suatu hari datang sepupu Mpret yang meminta Elektra mengobati temannya. Sepupu itu bernama Bong dan teman yang yang butuh pertolongan itu adalah Bodhi.

Partikel

Supernova 4: Partikel

Zarah merupakan anak dari seorang dosen cemerlang di IPB. Keluarga mereka tinggal di pinggir kota Bogor yang masyarakatnya masih hidup secara konvensional. Hal ini bertolak belakang dengan Firas, ayah Zarah, seorang akademisi yang tentunya berpikiran logis.

Ada rumor yang menyebutkan bahwa Firas berhubungan dengan dunia lain melalui tempat yang selama ini warga anggap angker. Ditambah, anak bungsunya mengalami kelainan yang mereka anggap sebagai kutukan.

Perjalanan hidup membawa Zarah menjelajah banyak tempat, mulai dari konservasi orang utan Tanjung Puting hingga London. Sementara di Bandung, Bodhi akhirnya bertemu Elektra untuk berobat. Hanya dengan bersentuhan tangan, mereka merasa seperti telah saling mengenal dalam jangka waktu yang lama.

Apakah Membaca Supernova Harus Urut?

Seperti novel serial lainnya, membaca urut adalah sesuatu yang ideal. Namun, jika kalian terpaksa harus membacanya secara acak, saya rasa itu tidak akan menimbulkan masalah berarti.

Tiap buku mempunyai peran utamanya masing-masing, jadi kalian tetap bisa mengikuti jalan ceritanya. Memang di tiap seri ada selipan-selipan yang berkaitan dengan seri lainnya, tetapi itu tidak akan membuat ceritanya terasa rancu jika dibaca secara tidak runut.

Harga Novel Supernova

Harga Novel Supernova Dee Lestari

Supernova tergolong buku yang sudah cukup berumur. Seri pertamanya terbit pada tahun 2001. Sehingga tidak mengherankan buku-bukunya kini tidak terlalu banyak beredar di pasaran. Saya sudah cek toko mall penerbitnya di salah satu marketplace. Dan, stoknya tinggal hitungan jari.

Selain itu serinya juga sudah tidak lengkap. Berikut harga dari seri Supernova yang masih ready:

  • Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh Rp. 78.300
  • Akar Rp. 69.300
  • Petir Rp. 78.300
  • Gelombang Rp. 96.300

Untuk Partikel dan Intelegensi embun pagi, stok di toko tersebut kosong. Sebenarnya, kita masih bisa coba mencari di toko lain. Namun, pastikan toko tersebut tepercaya dengan mengecek testimoninya terlebih dahulu.

Penutup “Harga Novel Supernova”

Saya takjub saat membaca supernova karena membayangkan pasti risetnya nggak kaleng-kaleng. Agak pening, sih, bacanya karena banyaknya istilah fisika, ajaran Budha, dan adat Batak. Namun, hal itu tidak mengurangi kesenangan saat menikmati alurnya.

Serial ini terdiri dari enam buku, tetapi di toko mall penerbitnya tidak semua tersedia. Harga novel-novel itu berbeda-beda tergantung ketebalan. Harga novel Supernova sangatlah worth it. Dari daftar di atas tidak ada yang lebih dari seratus ribu. Akan tetapi, untuk seri terakhir, Intelegensi Embun Pagi, saya yakin harganya lebih dari itu. Mengingat halamannya yang super banyak. Kalian sudah baca seri yang mana, nih, Playmates?