Reset The Skin: Toner Eksfoliasi yang Menghempaskan Wajah Kusam

Assalamualaikum Playground of Monica’s visitors, enggak terasa sudah akhir bulan lagi, nih. Semoga semangat awalbulan tetap setia menyertai kita. 😇 Di usia saya yang sudah memasuki kepala tiga ini, saya termasuk kategori pemula dalam dunia skincare. Telat banget, ya? But better late than never, right? 🤭

Dulu saya menganggap skincare itu bagian dari make up, jadi fungsinya itu buat dandan mempercantik diri. Baru belakangan ini saja saya ngeuh pentingnya skincare bagi kesehatan kulit kita. Padahal dari namanya saja sudah jelas, skin dan care. 😅

Saya memakai skincare secara bertahap. Sambil saya mencari tahu manfaat dan kegunaan produk-produknya, saya mulai dengan yang basic. Awalnya hanya moisturizer, kemudian berkembang jadi day cream dan night cream. Setelah itu ditambah facial wash, serum, dan sunscreen.

Sampai sekarang pun, ritual skincare-anku masih minimalis, tapi kok ngerasa sayang banget kalau harus beli toner mah. 😅 Sebelumnya, saya kira toner itu cuma air yang enggak terlalu bermanfaat. Namun, setelah merasakan sendiri manfaatnya untuk kelembapan kulit, sekarang saya enggak lagi skip pemakaian toner.

Dari hasil pengamatan, saya kira pengaplikasian toner ke wajah itu harus menggunakan kapas, tapi belakangan saya tahu ada toner yang sebaiknya ditepuk-tepuk langsung menggunakan. Loh mana yang benar, nih?

Buat kalian yang suka pakai kapas, itu benar. Buat yang enggak, benar juga. Itu tergantung jenis tonernya apa, hydrating atau expoliating. Yuk kita simak perbedaannya.

Exfoliating toner adalah toner dengan fungsi utama melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan mengelupas lapisan kulit terluar. Toner jenis ini akan membersihkan sisa kotoran dari langkah sebelumnya serta sisa make up dari wajah.

Sedang hydrating toner adalah jenis toner dengan kegunaan utama melembapkan kulit wajah. Dengan membuat kulit lebih lembap, hydrating toner turut mempersiapkan kulit Anda untuk menerima produk-produk perawatan kulit selanjutnya. (Sumber: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/jenis-toner/)

Nah, jenis toner exfoliatinglah yang penggunaannya memerlukan kapas. Untuk toner hydrating kalian cukup menuangkan ke telapak tangan lalu menepuk-nepukkannya ke wajah.

Biasanya saya menggunakan hyrating toner, tetapi sudah sebulan ini saya menggunakan expoliating toner. Tadinya saya enggan menggunakan expoliating toner karena jenis kulitku itu normal cenderung kering jadi saya pikir saya lebih membutuhkan toner yang fungsi utamanya melembabkan.

Akan tetapi, kulit yang lelah karena sering terpapar sinar UV dan polusi sehari-hari cenderung tampak kusam. Karena itu, kulit butuh eksfoliasi untuk kembali menyegarkan dan mencerahkan kompleksinya.

Dengan kandungan BHA, eksfoliasi dilakukan secara mendalam dengan mengangkat sel kulit mati dari dalam pori-pori, sehingga turut membantu mencerahkan kulit dan menghaluskan tekstur kulit.

Karena itulah untuk pertama kalinya, saya mencoba toner jenis eksfoliasi, dan pilihan saya jatuh pada Reset The Skin.

PACKAGING
Produk ini dikemas dalam sebuah botol 100ml berwarna hitam dan putih dengan tutup ulir. Di bagian atas terdapat lubang kecil untuk jalan keluar cairan. Botolnya terbuat dari plastik tebal dan solid sehingga bisa meminimalisasi kemungkinan kebocoran saat produk terjatuh. Kemasan toner ini dilengkapi kardus berwarna sama dengan botolnya untuk perlindungan ganda.

CLAIM OF PRODUCT

💞 DAFTAR KANDUNGAN MINIMALIS
Fokus mengoptimalkan manfaat kandungan BHA untuk kulit.

💞 TEKSTUR CAIR & RINGAN
Tekstur yang mudah diserap kulit.

💞 NO ALCOHOL, NO FRAGRANCE, CRUELTY-FREE
Diformulasikan tanpa potential irritants untuk kulit dan tanpa melalui animal testing.

💞 SERTIFIKASI BPOM
Formulasi dan kandungan sesuai regulasi dan dengan izin edar dari BPOM.

MAIN INGREDIENTS

2% BHA — BETA HYDROXY ACID (SALICYLIC ACID)
● Eksfoliasi sel kulit mati hingga ke dalam pori-pori
● Mencerahkan kompleksi kulit
● Menghaluskan tekstur kulit

GREEN TEA EXTRACT & SODIUM HYALURONATE
● Meningkatkan hidrasi kulit
● Memberi asupan antioksidan
● Menenangkan kulit dan meredakan kemerahan

HOW TO USE
Gunakan setelah membersihkan wajah. Disarankan untuk aplikasi menggunakan kapas, agar lebih efektif mengangkat sel kulit mati. Dapat digunakan pagi atau malam hari. Jika digunakan di pagi hari, ikuti dengan penggunaan tabir surya. Jika digunakan di malam hari, ikuti dengan penggunaan pelembab.

REVIEW
Saya sudah memakai produk ini lebih dari sebulan. Biasanya saya pakai di malam hari setelah membersihkan wajah dengan facial wash dan sebelum night cream. Pemakaian produk ini cukup satu kali sehari, berbeda dengan hydrating toner yang biasanya dua kali sehari. Teksturnya yang cair dan tidak lengket, membuat produk ini gampang meresap ke dalam kulit.

Tadinya saya agak khawatir kulit menjadi kemerahan atau mengelupas karena ini kali pertama menggunakan exfoliating toner. Kekhawatiranku tidak terbukti, justru kulit terlihat lebih segar dan sehat. Selain itu, kulit pun terasa lembut. Dengan pemakaian sesuai aturan, tidak ada yang perlu ditakutkan lagi.