Membangun Interaksi Mendidik AUD, Bagaimanakah?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Playmates. Salam sehat untuk semua, ya. Alhamdulillah tiba saatnya si cikal menerima raport. Enam bulan terakhir sungguh memberikan pengalaman yang berbeda bagi saya yang baru pertama kali memiliki anak sekolahan. Saat pembagian raport berbarengan dengan parenting day dengan tema membangun interaksi mendidik AUD.

Parenting day merupakan salah satu event akbar yang diadakan setiap tahun di taman kanak-kanak tempat si cikal bersekolah. Pihak sekolah menggelar acara tersebut di akhir semester satu. Hanya orang tua yang menghadiri acara tersebut, sedang anak-anak sudah mulai liburan panjang dua hari sebelumnya.

Meskipun judulnya parenting day, tetapi yang menghadiri acara tersebut hampir semuanya bunda-bunda. Para ayah yang datang bisa dihitung dengan jari. Itu pun duduknya di barisan belakang. Sehingga dominasi emak-emak kian terasa.

Acara digarap dengan serius. Dekorasi mewah, aula yang wah, sponsor melimpah menjadi identitas acara parenting day hari itu. Begitu datang, saya langsung menerima snack, berbagai voucher dari sponsor, dan nomor doorprize yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah yang memiliki nomor yang sama.

Posisi menunjukkan prestasi. Saya duduk di barisan depan, hanya dibelakangi ibu guru, narasumber, dan pimpinan pesantren. Sengaja saya memilih posisi itu agar dapat mendengar materi parenting dengan jelas.